visitaaponce.com

Arti Bunga Tulip Berdasarkan Warna, Lambang Persahabatan hingga Berduka

Arti Bunga Tulip Berdasarkan Warna, Lambang Persahabatan hingga Berduka
Ilustrasi(AFP/Piero CRUCIATTI)

BUNGA tulip mengacu pada bunga yang berasal dari tanaman tulip (Tulipa spp.), yang merupakan salah satu jenis tanaman berbunga dari keluarga Liliaceae.

Bentuk khas bunga tulip yang unik dan berbeda dari mayoritas jenis bunga tercermin dalam tampilannya, yang menonjolkan siluet lonjong yang menguncup ke atas, mirip dengan bunga yang belum mekar.

Makna bunga tulip berdasarkan warna

Tulip Ungu

Warna ungu selalu memiliki kesan mewah. 

Baca juga: Mengenal Nama Bunga Nasional Indonesia

Dalam drama Hamlet karya William Shakespeare, warna ungu sering digunakan untuk mencerminkan kebangsawanan. Keelokan dan kemewahan warnanya juga terlihat pada bunga tulip ungu. 

Tulip ungu melambangkan kemurnian dan kebangsawanan. 

Di Belanda, tulip ungu memiliki arti sebagai ungkapan cinta pada pandangan pertama. Jika Anda memberikan tulip ungu kepada perempuan Belanda, akan diartikan sebagai tanda ketertarikan.

Tulip Merah

Tulip merah sering digunakan untuk menyampaikan perasaan cinta. Ini sesuai dengan simboliknya yang melambangkan intensitas cinta. 

Baca juga: Anggun Secara Resmi Dijadikan Nama Bunga Jenis Mawar Putih

Legenda mengisahkan tentang Pangeran Farhad, yang jatuh cinta kepada Shirin. Kedalaman cintanya tercermin saat Pangeran Farhad mengakhiri hidupnya setelah kematian Shirin. Setetes darahnya menjadi sumber inspirasi bagi makna cinta abadi dalam tulip merah.

Tulip Kuning

Bunga tulip kuning melambangkan persahabatan. Warna cerahnya, mirip dengan sinar matahari, mencerminkan keceriaan dan kebahagiaan. Bila seorang sahabat sedang sakit, memberikan bunga tulip kuning bisa menjadi cara untuk menyemangati.

Tulip Merah Muda

Tulip merah muda adalah simbol penghargaan dan harapan positif. Di Belanda, pada setiap acara olahraga, para pemenang diberi kalung bunga tulip merah muda sebagai pengakuan atas kemenangan mereka. Bunga ini juga sering dijadikan buket untuk pengantin wanita, mengirim doa untuk masa depan yang cerah.

Tulip Putih

Tulip putih melambangkan penghormatan dan perdamaian. Di negara asalnya, setiap tamu negara disambut dengan meja pertemuan yang dihiasi dengan bunga tulip putih, sebagai tanda penghormatan yang rendah hati.

Tulip Oranye

Warna oranye pada bunga tulip melambangkan semangat. Tulip oranye cocok diberikan kepada kerabat yang sedang sedih untuk memberikan semangat dan kebahagiaan.

Tulip Biru

Tulip biru sebenarnya adalah varian dari tulip putih. Tulip biru menggambarkan ketenangan dan perdamaian. Di Eropa, suami sering memberikan tulip biru kepada istri setelah pertengkaran, sebagai bentuk permohonan maaf dan perdamaian. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat