visitaaponce.com

Ciptakan Peluang Usaha, Kemendikbudristek Gandeng LKP Trias Gelar Pelatihan Tata Rias

Ciptakan Peluang Usaha, Kemendikbudristek Gandeng LKP Trias Gelar Pelatihan Tata Rias
Kerja sama Kemendikbudristek dengan LKP Trias dalam pelatihan tata rias(Dok. LKP Trias)

LEMBAGA Kursus Pelatihan (LKP) Trias Beauty School bekerja sama dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melaksanakan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Platinum dengan keterampilan tata rias pengantin.

Adapun keterampilan yang diberikan oleh LKP Trias secara gratis berupa latihan tata rias pengantin yang digelar di Jatiwarna, Bekasi, Jawa Barat, mulai 19 September 2023.

Dalam program pelatihan PKW Platinum itu, LKP Trias memberikan kursus secara cuma-cuma hingga mendapatkan modal usaha. Kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Baca juga : Kursus Rias Wajah Jadi Peluang Menjanjikan Generasi Muda

Dengan Jumlah Peserta didik 40 Peserta, dalam program PKW  menggandeng Mitra UMKM,  Platform digital, Permodalan, LKP Trias Beauty School berharap makin banyak pemuda yang bisa menciptakan peluang usaha secara mandiri.

"Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha," ucap Pimpinan LKP Trias Beauty School Iin Susilawaty.

Baca juga : 7 Tips Menggunakan Foundation dengan Tepat untuk Make Up On Point

Pelatihan tata rias digelar pada 19 September-21 November dengan total waktu pembelajaran selama 275 jam. Dengan pelatihan secara cuma-cuma ini, dia berharap LKP Trias bisa membantu para pemuda menciptakan peluang usaha.

"Khususnya di bidang tata rias pengantin, saya berharap banyak para pengusaha terlahir dari lembaga kami (LKP Trias)," ucap Iin.

"Peserta akan dibekali materi pembelajaran mengenai pendidikan karakter atau etika jabatan, etika profsionalisme, softskill, digital marketing, dan kewirausahaan dengan durasi 275 jam pelajaran, terdapat teori dan praktek. Pembelajaran ini selama tiga bulan," imbuhnya.

Untuk waktu pelatihan, kata Iin, akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan. "Kami berharap semua peserta nantinya dapat berpikir cerdas, logis, percaya diri, komunikatif memiliki karakter yang kuat, itikad baik dengan cara yang positif," ucapnya.

Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Epih Hanafi, mengatakan kepada peserta pelatihan harus bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini.

"Peserta lulus sudah mempunyai bekal keterampilan untuk mempersiapkan di dunia lapangan kerja atau dalam membuka usaha. Tempat untuk mengembangkan potensi diri, fokus dan disegerakan dengan kemampuan yang dilatih agar ke depan ada perubahan signifikan terhadap diri potensi yang luar biasa, jangan sampai potensi yang luar biasa terhambat karena persoalan kecil," ujar Epih.

Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) dilaksanakan kerjasama dengan Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Ristek, dalam materi pelatihan menyampaikan bahwa peserta diminta untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh dan serius, jangan disia-siakan kesempatan ini. Diharapkan dapat mendapatkan pengetahuan keterampilan sampai dengan softskill sampai cakap bekerja. sikap disiplin dan perilaku yang baik sangat dibutuhkan untuk lapangan kerja.

"Kinerja dalam bekerja lebih ditingkatkan dengan disiplin dan mentaati peraturan yang ada, dan memberi pesan kepada peserta pelatihan mentaati tata tertib selama pelatihan, menjaga kesehatan selama pelatihan serta pada saat uji kompetensi dapat berhasil dan mencapai hasil yang maksimal," ujarnya.

Di dalam kesempatan itu juga diserahterimakan alat dan bahan secara gratis kepada perwakilan peserta oleh Pimpinan LKP, Kabid Pembinaan PAUD Dikmas dan salah satu perwakilan dari pihak IDUKA.

Dalam pembelajaran tersebut,  LKP Trias Beauty School juga bekerja sama dengan berbagai pihak dari UMKM, Red Berry Wedding, Sanggar Shafira, Sanggar Kalista. Dari IDUKA PT. Kosmetikatama Super Indah (Inez Cosmetic), Ivan Gunawan Cosmetics. Ia juga menggandeng pihak digital platform seperti Pasar Gradasi. Sebagai bekal literasi keuangan untuk peserta, LKP Trias Beauty School juga bekerja sama dengan pihak perbankan yaitu BRI, BNI, BPR Syariah. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat