visitaaponce.com

Andien Pengentasan Stunting Tanggung Jawab Semua Pihak

Andien: Pengentasan Stunting Tanggung Jawab Semua Pihak
Ilustrasi(Isntagram/Andien Aisyah)

Penyanyi Andien Aisyah menyadari betul bahwa pengentasan stunting merupakan tugas semua pihak, termasuk publik figur. Menurut dia, publik figur memiliki pengaruh yang sangat besar untuk menyebarluaskan informasi tentang pentingnya pola asuh untuk pencegahan stunting.

“Bagaimana anak-anak Indonesia ini diasuh, bagaimana mereka makan, gizi mereka, ini adalah urusan kita bersama. Aku merasa punya tanggung jawab juga, bukan hanya kepada anak-anakku, melainkan juga anak-anak di luar sana yang ternyata masih ada yang stunting,” kata Andien dalam acara 1000 Days Fund Humanitrian Award di Pasific Place, Jakarta Selatan, Kamis (5/10).

Menurut Andien, banyak ibu-ibu yang masih salah kaprah soal pemberian gizi pada anak. Misalnya saja ketika memberikan anak mie instan, banyak ibu yang merasa itu sudah cukup gizi. Pemikiran itu muncul hanya karena pada kemasannya ada gambar sayur, ikan dan telur. Kesalahan-kesalahan seperti itu yang menurutnya harus diluruskan.

Andien pun berbagi pengalaman saat dirinya pergi ke Flores, Nusa Tenggara Timur, pada 2019 silam. Di sana, ia melihat kondisi anak-anak yang berbeda jauh dengan di perkotaan. Salah satu yang membuatnya sadar betul ialah tinggi badan. Andien banyak menemukan anak-anak di Flores berusia 5 sampai 6 tahun yang memiliki tinggi badan sama dengan anaknya yang berusia 2 tahun.

Lalu, ia menemukan fakta bahwa pemahaman soal gizi masih kurang disebarluaskan pada anak-anak maupun orang tua di sana. Saat itu, Andien menuturkan bahwa ia disuguhkan ikan dan makanan-makanan laut segar. Ia pikir, makanan serupa juga disuguhkan kepada anak-anak setempat. Nyatanya, orang tua di sana hanya menangkap ikan untuk dijual. Sementara, anak-anaknya banyak diberikan makanan instan.

“Jadi aku rasa PR kita masih banyak sekali. Karena pada akhirnya sebenarnya ini bukan masalah sumber daya alamnya ada atau tidak, tapi tentang pola pikir orang-orang yang mungkin merupakan tanggung jawab kita bersama,” beber Andien. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat