visitaaponce.com

Hari Cuci Tangan dengan Sabun Sedunia Yuk Ketahui Tema dan Sejarah nya

Hari Cuci Tangan dengan Sabun Sedunia! Yuk Ketahui Tema dan Sejarah nya
Hari Cuci Tangan dengan Sabun Sedunia menjadi pengingat mencuci tangan dengan sabun adalah langkah pencegahan yang efektif.(Freepik)

HARI ini, Minggu (15/10), diperingati sebagai Global Handwashing Day atau Hari Cuci Tangan Sedunia. Peringatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dunia tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun.

Hari Cuci Tangan dengan Sabun Sedunia menjadi pengingat mencuci tangan dengan sabun adalah langkah yang efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit, serta menyebarkan kuman ke orang lain. 

Dijelaskan dalam laman resmi Global Handwashing Day, Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan upaya mendorong pemerintah, institusi, peneliti, hingga advokat untuk berkolaborasi dalam menciptakan dan menerapkan strategi kebersihan tangan berkelanjutan demi mewujudkan kesehatan masyarakat dunia.

Baca juga: Cuci Tangan Pakai Sabun Efektif Cegah Penyakit Menular

Lantas, apa tema dan sejarah dari Hari Cuci Tangan Sedunia? Yuk kita simak penjelasan berikut ini. 

Tema 

Baca juga: Dettol Ajak Masyarakat Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum ke Masjid

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia berada di bawah PBB yang menangani masalah air dan sanitasi (UN Water). Dilansir situs resmi UN Water, Hari Cuci Tangan Sedunia 2023 mengusung tema "Clean hands are within reach" atau "Tangan bersih berada dalam jangkauan".

Kampanye tahun ini menyatakan bahwa melalui kepemimpinan yang kuat dan upaya kolektif, kita dapat menutup kesenjangan dalam akses dan praktik untuk mencapai kondisi tangan yang bersih bagi semua orang. Setiap orang mempunyai peran untuk memastikan kondisi tangan yang bersih dapat mudah dijangkau oleh masyarakat luas.

Sejarah

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia bermula kala Global Handwashing Partnership (GHP) mengadakan program cuci tangan publik pada 1998. Lewat program ini, GHP melakukan berbagai kampanye untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam skala besar tentang cuci tangan dengan sabun.

Program itu sukses besar, hingga menarik minat beberapa organisasi di sektor publik dan swasta untuk membentuk The Global Public-Private Partnership for Handwashing (PPPWH).

PPWH pun resmi didirikan pada 2001 dengan anggota dari organisasi multilateral, lembaga akademik, organisasi non-pemerintah, perusahaan swasta, serta USAID (United States Agency for International Development).

Disponsori berbagai lembaga dan organisasi, PPPWH mulai mempromosikan program cuci tangan yang diusungnya ke beberapa negara. Tiga negara pertama yang diperkenalkan pada program ini adalah Ghana, Senegal, dan Peru. Menyusul kesuksesannya, program tersebut berkembang ke 12 negara tambahan, antara lain Tiongkok, Indonesia, Vietnam, dan Kolombia. 

Pada 2008, PPPWH mengambil langkah baru dengan fokus pada kegiatan berbagi pengetahuan dan advokasi dalam menanggapi kebutuhan cuci tangan secara global. Tujuannya untuk mendukung praktisi cuci tangan dan membuat kebijakan untuk mengubah perilaku mencuci tangan yang efektif. 

Di tahun yang sama, PPPWH memprakarsai Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober. Peringatan itu sukses dilaksanakan di 73 negara dari lima benua berbeda dan berhasil mengajak lebih dari 120 juta anak mencuci tangan dengan sabun.

Sejak saat itulah Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati pada 15 Oktober setiap tahunnya. Momen ini diharapkan menjadi pengingat bagi masyarakat agar menjaga rutinitas mencuci tangan dengan sabun setiap hari untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat