visitaaponce.com

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia CTPS dan Cara Memperingati

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia (CTPS) dan Cara Memperingati
Sejumlah pelajar antre mencuci tangan saat peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN Banjaran 4, Kota Kediri, Jawa Timur.(Antara/Prasetia Fauzani.)

DI masa pandemi, mencuci tangan menjadi strategi paling sederhana dan ampuh untuk dapat melindungi diri sendiri dari paparan virus korona. Hal ini disebabkan tangan menjadi salah satu organ aktif yang kita gunakan untuk mengakses sesuatu. 

Karena itu, tangan menjadi salah satu organ yang juga paling berisiko sebagai penular. Untuk itu diadakan Hari Cuci Tangan Sedunia untuk menambah kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan.

Hari Cuci Tangan Sedunia

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) diadakan setiap 15 Oktober tiap tahun. Di Indonesia, perayaan Hari Cuci Tangan akan diadakan pada Sabtu (15/10). Namun, Hari Cuci Tangan ini dirayakan oleh seluruh masyarakat dunia dalam rangka peningkatan kesadaran akan pentingnya mencuci tangan.

Sejarah peringatan Hari Cuci Tangan

Kemitraan Cuci Tangan Global (GHP) pada 2008 mencoba mencanangkan Global Hand Washing Day (Hari Cuci Tangan Sedunia). Selanjutnya rancangan ini diserahkan kepada Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk dapat mengambil keputusan atau kebijakan mengenai rancangan tersebut. 

PBB menyetujui rancangan itu. Karenanya, setiap 15 Oktober, dirayakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS).

Manfaat cuci tangan

Terdapat banyak manfaat dari mencuci tangan.

1. Dengan mencuci tangan, kita menghindarkan diri dari virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare, kolera, ebola, dan SARS.

2. Mencuci tangan juga menjadi bagian dari menjaga kebersihan. Artinya, kita telah melindungi diri dan orang lain.

3. Studi mengungkapkan bahwa dengan mencuci tangan, kita telah mengurangi risiko terkena paparan virus korona hingga 35%.

Kesalahan saat cuci tangan

Meskipun sederhana, mencuci tangan juga membutuhkan cara dan mekanisme yang benar, agar tangan benar-benar bersih. Kesalahan umum yang sering kita lakukan yaitu mencuci tangan tidak pakai sabun, mencuci tangan bukan di air yang mengalir dan bersih, mencuci tangan tanpa menggosokkan bagian tangan hingga sela-sela dengan benar, dan tidak ikut mengeringkan tangan usai mencuci tangan dengan air. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat