visitaaponce.com

Meski Pandemi akan Berakhir, Cuci Tangan Tetap Harus Jadi Kebiasaan

Meski Pandemi akan Berakhir, Cuci Tangan Tetap Harus Jadi Kebiasaan
Sejumlah pelajar antre mencuci tangan saat peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN Banjaran 4, Kota Kediri, Jawa Timur.(ANTARA/Prasetia Fauzani)

DOKTER onkologi Prof Zubairi Djoerban mengingatkan masyarakat untuk tetap rutin mencuci tangan walaupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah mempertimbangkan menurunkan status pandemi covid-19 menjadi endemi.

"Saat ini, WHO sedang mempertimbangkan untuk memasuki endemi dengan beberapa persyaratan. Indonesia pun sudah mulai melakukan berbagai persiapan untuk memasuki masa endemi," kata Zubairi dalam keterangan pers, dikutip Senin (17/10).

"Namun, masyarakat Indonesia harus tetap melakukan protokol kesehatan hingga Indonesia dinyatakan bebas dari pandemi, salah satunya mencuci tangan secara rutin," tambahnya.

Baca juga : Bagaimana Vaksin Covid-19 Kini?

Lebih lanjut, dokter yang merupakan Kepala Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut mengatakan rutin cuci tangan diharapkan mampu meminimalisasi perkembangan dan mutasi virus yang dinamis.

"Hal ini karena perkembangan dan mutasi virus semakin beragam. Kebiasaan mencuci tangan ini harus tetap dilakukan agar dapat menyelamatkan banyak jiwa," kata dia. (Ant/OL-1)

Baca juga : Cegah Subvarian Pirola, MPR Minta Pemerintah Wajibkan Masker Lagi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat