visitaaponce.com

Di Bintaro Design District 2023, Alner Kenalkan Konsep Kurangi Sampah Plastik

Di Bintaro Design District 2023, Alner Kenalkan Konsep Kurangi Sampah Plastik
Alner, startup penyedia kemasan guna ulang mengikuti kegiatan acara Bintaro Design District 2023 di The Mawi, Tangerang Selatan.(Ist)

ISU lingkungan merupakan salah satu yang menjadi diskusi banyak pihak saat ini. Isu lingkungan memberikan dampak signifikan tidak hanya kepada manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya.

Berdasarkan data dari Bank Dunia dan Indonesia Sustainable Oceans Program (ISOP) Indonesia 2021, Indonesia memproduksi kurang lebih 250.ribu - 550.ribu ton sampah plastik pada tahun 2021 dengan perkiraan 80% plastik bersumber dari darat dan 20% lainnya merupakan sampah dari laut.

Dengan jumlah limbah plastik yang besar tersebut, kebutuhan akan sistem pengelolaan sampah yang baik dibutuhkan di Indonesia.

Namun, faktanya, data dari laporan Plastic Overshoot Day 2023 memperkirakan bahwa sebanyak 3.313.742 ton sampah plastik di Indonesia pada tahun 2023 masih mengalami mismanagement atau dikelola dengan sistem manajemen yang tidak baik.

Baca juga: Kegiatan Olahraga Sambil Pungut Sampah (Supogomi) Digelar di AEON Mall BSD City  

Hal ini merupakan kondisi nyata yang sedang dihadapi Indonesia dalam menanggapi isu sampah plastik. Dengan demikian, langkah solutif untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan.

Alner, startup penyedia kemasan guna ulang (reuse) dan isi ulang (refill) untuk mengurangi sampah plastik dari hulu, berkesempatan untuk menampilkan cerita tentang perjalanan pengurangan sampah plastik yang telah dilakukan selama 3 tahun terakhir.

,Bertepatan dengan tema “Envisioning Nature” dalam acara Bintaro Design District 2023 yang berlokasi di The Mawi, Tangerang Selatan, Alner mengungkapkan berbagai upaya yang dilakukan dalam upaya menekan sampah plastik.

Acara ini merupakan event besar tahunan yang memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk melihat karya-karya inspiratif, seperti desain,arsitektur, hingga desain produk.

Baca juga: Dorong Kesadaran dan Solusi Krisis Iklim, Blibli Gelar Langkah Membumi Festival

Pameran ini telah dilaksanakan dari tanggal 8-18 November 2023 di bilangan Tangerang Selatan. Sebuah kehormatan bagi Alner dapat menampilkan cerita dampak baiknya bersama para 94+ peserta yang juga memiliki karya dan usaha dampak baik sosial dan lingkungan.

Sebagai perusahaan penyedia layanan reusable packaging pertama di Indonesia, Alner telah menjadi salah satu perusahaan yang memberikan solusi nyata dalam menghadapi isu sampah plastik di Indonesia.

Terapkan Sistem Guna Ulang atau Reuse

Sejak didirikan pada tahun 2020, Alner telah berhasil mencegah produksi limbah plastik sekali pakai (Single-Use Plastic) sebanyak 502.180 buah dengan menerapkan sistem guna ulang (reuse) dan isi ulang (refill) yang mereka tawarkan melalui produk mereka.

Dengan bekerja sama bersama 5 perusahaan yang berasal dari industri FMCG dan lebih dari 500+ titik penjualan dengan mayoritas dipimpin oleh komunitas perempuan untuk reuse dan refill,

Alner telah menunjukkan eksistensinya dalam menawarkan dan mempromosikan solusi guna ulang di Indonesia. Komunitas mitra Alner terdiri dari PKK, Warung, Bank Sampah, Dasawisma, peer-to-peer di bilangan Jabodetabek.

Program Transform Alner

Dalam pameran ini juga, Alner memperkenalkan skema isi ulang (refill) bersama program Transform Unilever yang telah berjalan 6 bulan, yang juga mencakup daerah Bintaro, Tangerang Selatan.

Saat ini, dalam program Transform Alner telah mencapai 500+ titik komunitas sebagai mitra refil &reuse -hub dan mengajak 15.000+ orang di Jabodetabek untuk melakukan reuse dan refill.

Baca juga: Warga Bandung Raya belum Lakukan Pengelolaan Sampah

Program ini masih berlangsung dan dengan pameran ini, Alner mengajak lebih banyak orang untuk bergabung dan melakukan reuse dan refill bersama Alner.

Pada acara Bintaro Design District 2023, Alner memperkenalkan konsep #LebihBaikReusse sebagai salah satu cara untuk menanggulangi sampah plastik di Indonesia. 

Bintang Ekananda, CEO dari Alner, mengatakan,“Semoga melalui exhibition ini, semakin banyak orang mengetahui bahwa ada solusi berbelanja kebutuhan harian tanpa nyampah melalui solusi guna ulang dan isi ulang dari Alner."

"Selain itu masih tetap dengan harga yang terjangkau. solusi ramah lingkungan harus inklusif untuk semua kalangan!" jelasnya,

Dengan pameran Alner dalam Bintaro Design District, Alner mengajak para pelaku bisnis dan masyarakat umum lainnya bahwa solusi menghadapi isu plastik salah satunya dengan menerapkan guna ulang dalam kehidupan sehari-hari. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat