visitaaponce.com

Pembangunan TPS 3R Dipercaya Kurangi Volume Sampah di Jakpus Hingga 25 Ton

Pembangunan TPS 3R Dipercaya Kurangi Volume Sampah di Jakpus Hingga 25 Ton
Pembangunan TPS 3R di Jakarta Pusat(Medcom/Christian)

SUKU Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat membangun dua pembangunan Tempat Pegelolaan Sampah (TPS). Rencananya akan ada dua lokasi TPS reduce, reuse dan recycle (TPS 3R) diyakini bisa mengurangi volume sampah harian hingga 25 ton.

“Tujuan pembangunan untuk melakukan pengolahan sampah organik, ada bank sampah termasuk limbah bahan barbahaya beracun (B3) termasuk limbah rumah tangga. Adanya TPS 3R ini akan berdampak signifikan untuk menurunkan permasalahan sampah yang ada di wilayah setempat,” ungkap Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat, Slamet Riyadi di Kantor Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Jumat (26/1)

Slamet mengatakan kapasitas pengolahan sampah TPS tersebut mencapai 25 ton perhari. Pasalnya, kata Slamet, wilayah Kecamatan Cempaka Putih dapat menghasilkan sampah sebanyak 20 hingga 25 ton per hari.

Baca juga: Bangun TPS 3R, Pemprov DKI Ingin Kurangi Beban Bantargebang

“Untuk pengolahan sampah organiknya berkisar 500 kilogram perhari dan untuk bank sampah yang bisa kita kelola 300 kilogram perhari. Lalu untuk limbah B3 rumah tangga kurang lebih 50 kilogram perbulan,” ujar Slamet.

Nantinya, kata Slamet, hasil dari pengolahan sampah yang dilakukan oleh TPS 3R ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar Refuse Derived Fuel (RDF). Dengan adanya TPS ini tidak ada lagi sampah yang dikirim ke Bantargebang dalam bentuk utuh melainkan hanya residu. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat