visitaaponce.com

5 Rekomendasi Aplikasi Scan Barcode untuk Android, Lengkap dengan Penjelasan Fitur

5 Rekomendasi Aplikasi Scan Barcode untuk Android, Lengkap dengan Penjelasan Fitur!
aplikasi scan barcode(freepik)

Aplikasi scan barcode sangat diperlukan, terutama di era teknologi seperti sekarang ini. 

Kini, QR code dan barcode telah meluas penggunaannya di berbagai bidang kehidupan, seperti untuk pembelian produk, pembayaran tiket transportasi umum, registrasi acara, membuka URL, hingga akses pelayanan kesehatan.

Sebenarnya, beberapa ponsel sudah dilengkapi dengan aplikasi scan barcode bawaan. 

Namun, jika perangkatmu belum memiliki fitur ini, kamu dapat mengunduh aplikasi scan barcode berikut ini. 

Yuk, simak rekomendasi aplikasi scan barcode untuk perangkat Android beserta penjelasan fiturnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis Terbaik, Inilah Fitur dan Keunggulannya!
 

Rekomendasi Aplikasi Scan Barcode

1. QR & Barcode Scanner - Gamma Play

Apabila kamu sedang mencari aplikasi scan barcode, QR & Barcode Scanner dari Gamma Play bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan lebih dari 500 juta unduhan di seluruh dunia, aplikasi ini dianggap sebagai salah satu pemindai barcode terbaik. 

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk memindai berbagai jenis barcode, termasuk teks, URL, produk dalam kemasan, kontak, kalender, lokasi, WiFi, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu khawatir jika cahaya di sekitarmu redup atau gelap, karena aplikasi ini mendukung penggunaan flash kamera untuk memastikan pencahayaan optimal saat memindai barcode.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan opsi autofokus dan fokus manual, sehingga pemindaian barcode atau QR dapat dilakukan dengan lebih akurat dan cepat. 

Selain itu, fitur Riwayat memungkinkanmu melihat barcode yang telah dipindai sebelumnya tanpa perlu melakukan pemindaian ulang.

Fitur ini berguna untuk menyimpan berbagai barcode, memungkinkanmu melakukan perbandingan produk yang sama. 

Menariknya lagi, QR & Barcode Scanner dari Gamma Play juga menyediakan fitur generator QR Code, memungkinkanmu membuat QR Code sendiri untuk berbagai keperluan.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, meskipun kamu mungkin akan menemui iklan selama penggunaan.

Baca juga: 7 Aplikasi Penguat Sinyal untuk Android, Main Game dan Streaming Video Jadi Lancar!

2. Pembaca QR & Kode Batang - TeaCapps

Rekomendasi aplikasi scan barcode yang berikutnya yaitu Pembaca QR & Kode Batang dan TeaCapps.

Aplikasi ini juga sangat populer di kalangan pengguna Android. 

Buktinya, hingga artikel ini ditulis, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store.

Aplikasi ini memungkinkan kamu memindai berbagai macam format kode QR atau barcode, termasuk QR, Data Matrix, Aztec, UPC, EAN, Code 39, dan banyak lagi.

Dengan berbagai fungsi ini, kamu dapat memindai barcode untuk membuka URL, terhubung ke WiFi, menemukan informasi produk dan harga, dan sebagainya. 

Aplikasi pemindai barcode ini juga mendukung penggunaan lampu kilat untuk memudahkan memindai di kondisi minim cahaya. Selain itu, terdapat fitur zoom yang memungkinkan pemindaian barcode dari jarak jauh.

Aplikasi ini juga dapat mengelola riwayat barcode yang telah dipindai, memungkinkan kamu menyimpannya ke Excel atau ke cloud, seperti Google Drive. 

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah.

Di halaman awal, kamu hanya perlu memilih menu "Pindai Menggunakan Kamera" untuk memindai barcode secara real-time. 

Atau, kamu juga bisa mengklik "Pindai Gambar" untuk memindai barcode dalam file gambar yang telah kamu simpan sebelumnya.

Aplikasi ini dapat kamugunakan secara gratis dengan tayangan iklan. 

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dengan adanya iklan.

Namun, jika kamu menginginkan pengalaman tanpa gangguan iklan dan akses fitur yang lebih lengkap, tersedia opsi untuk membeli versi pro dengan satu kali pembayaran sebesar Rp19.000.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Kamera Terbaik untuk HP Android, Foto Jadi Lebih Bagus!

3. QR Droid Private

QR Droid Private merupakan aplikasi scan barcode lain yang dapat kamu gunakan. 

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini memungkinkan kamu memindai berbagai jenis kode QR atau barcode untuk berbagai keperluan. 

Sebenarnya, QR Droid Private memiliki fungsi yang hampir mirip dengan dua aplikasi di atas. 

Kamu dapat memindai QR code atau barcode langsung menggunakan kamera atau memindai barcode dari file gambar yang telah disimpan.

Kesamaan tersebut juga termasuk fitur Riwayat yang memungkinkan kamu menyimpan kode QR atau barcode yang telah kamu pindai sebelumnya.

Namun, yang membuat aplikasi ini unggul adalah fitur pembuatan QR code sendiri untuk berbagai tujuan, seperti kartu bisnis, alamat web, kontak, acara kalender, wifi, pembayaran PayPal, dan sebagainya. 

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, kamu hanya perlu menyediakan ruang di ponsel sebanyak 17 MB.

Baca juga: 7 Aplikasi Jual Pulsa Harga Murah, Cocok untuk Tambah Penghasilan!

4. QR Scanner - Barcode Scanner

Rekomendasi aplikasi scan barcode selanjutnya adalah QR Scanner - Barcode Scanner dari Apps Wing. 

Tak kalah populer, aplikasi ini telah di-download sebanyak lebih dari 50 juta kali dan mendapatkan penilaian yang baik, yaitu 4.7/5.0.

Melansir laman resminya, aplikasi ini mendukung semua format QR dan barcode, memberikan fleksibilitas ketika kamu ingin mendapatkan informasi dari QR dan barcode.

Penggunaannya sangat sederhana. Cukup buka aplikasi, dan scanner akan langsung muncul.  

Kamu juga dapat menggunakan flash kamera dalam kondisi cahaya minim.

Menariknya, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur zoom otomatis sehingga tidak perlu melakukan zoom manual.

Dengan begitu, QR Scanner ini dapat memindai QR atau barcode yang berjarak jauh secara otomatis.

Selain itu, aplikasi ini dapat memindai QR atau barcode menggunakan kamera depan. 

Bukan hanya pemindaian secara real-time, tetapi juga memindai QR atau barcode dalam bentuk file gambar yang telah tersimpan di galeri HP-mu.

Kerennya lagi, lewat menu "Menghasilkan", kamu juga dapat membuat QR code-mu sendiri untuk beragam keperluan, seperti URL, SMS, WiFi, kontak, email, kalender, lokasi, produk, hingga media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Ketika kamu membuat QR code sendiri, kamu pun bisa melakukan kustomisasi seperti mengubah warna, menambahkan logo, latar belakang, tepi, hingga mengubah gaya QR code. Dengan fitur ini, QR code pribadimu menjadi lebih personal dan unik. Aplikasi ini juga menyediakan banyak template kartu bisnis yang dapat kamu gunakan.

Semua fitur ini dapat dinikmati secara gratis. Namun, jika ingin mengakses fitur yang lebih lengkap dan bebas iklan, kamu dapat membeli aplikasi ini dengan harga Rp189.000.

Baca juga: 6 Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis untuk Smartphone, Kenali Fitur dan Keunggulannya!

5. QRbot: Pembaca Kode QR

Aplikasi scan barcode yang terakhir dalam daftar ini yaitu QRbot: Pembaca Kode QR. 

Dengan lebih dari 1 juta unduhan, aplikasi ini mampu memindai berbagai format barcode, seperti QR, Data Matrix, Aztec, UPC, EAN, Code 39, dan masih banyak lagi.

Seperti aplikasi serupa lainnya, QRbot dapat membantu kamu memindai kode untuk membuka URL, menghubungkan hotspot ke WiFi, menemukan harga dan informasi produk, dan sebagainya.

Aplikasi ini menawarkan dua metode pemindaian QR dan barcode. Pertama, kamu dapat memindai secara langsung menggunakan kamera, di mana kamu dapat mengaktifkan lampu kilat dan menggunakan fitur zoom untuk pemindaian jarak jauh. Kedua, kamu juga dapat memindai QR atau barcode dalam bentuk file gambar yang terdapat di galeri ponselmu.

Selain kemampuan pemindaian, QRbot juga memungkinkan kamu membuat QR code sendiri untuk berbagai keperluan seperti URL, kontak, aplikasi, WiFi, hingga konten apa pun dari papan klip.

Baca juga: Terdaftar di OJK, Ini Dia 8 Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya!

Nah, itulah lima rekomendasi aplikasi scan barcode yang dapat kamu gunakan di perangkat Android. 

Pada umumnya, kelima aplikasi ini memiliki fitur yang serupa, seperti pemindaian QR atau barcode secara real-time maupun melalui file gambar yang telah tersimpan di ponsel.

Meskipun demikian, setiap aplikasi juga menonjol dengan keunggulan masing-masing, seperti kecepatan pemindaian, ketersediaan fitur kustomisasi, hingga kemampuan pembuatan QR code sendiri untuk berbagai keperluan.

Dengan membaca ulasan di atas, diharapkan kamu dapat memilih aplikasi pemindai barcode yang paling cocok dengan kebutuhanmu.
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Pricilia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat