visitaaponce.com

6 Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis untuk Smartphone, Kenali Fitur dan Keunggulannya

6 Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis untuk Smartphone, Kenali Fitur dan Keunggulannya!
Ilustrasi aplikasi pencatat keuangan(Freepik/jcomp)

Saat ini, keberagaman aplikasi pencatat keuangan semakin memudahkan kita dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Aplikasi semacam ini tidak hanya menyederhanakan proses, tetapi juga memungkinkan pelacakan transaksi dengan lebih efektif. Baik itu pengeluaran harian, tagihan bulanan, atau bahkan investasi jangka panjang, semuanya dapat dicatat dengan mudah.

Dengan rencana keuangan yang lebih teratur dan pengelolaan keuangan yang baik, kamu akan lebih mudah mencapai stabilitas finansial. 

Beberapa dari aplikasi pencatat keuangan ini bahkan dapat terintegrasi dengan akun bank atau dompet digital, sehingga lebih efisien tanpa harus melibatkan banyak langkah manual.

Baca juga: 6 Aplikasi Penjernih Foto Gratis, Buat Gambar Lebih Jelas dan Tajam!

Yuk catat pemasukan dan pengeluaran kamu dengan rekomendasi aplikasi gratis berikut ini! Kamu bisa dengan mudah mengunduhnya di Play Store maupun App Store.

Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis di Smartphone

1. Money Manager

Aplikasi pencatat keuangan rancangan Realbyte Inc ini cukup populer dan diklaim sebagai aplikasi finansial nomor satu untuk perangkat Android.

Money Manager Expense & Budget telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. Kamu juga bisa mengunduhnya secara gratis di App Store.

Berbagai fitur yang ada dalam aplikasi Money Manager ini memungkinkan kamu mengecek dan mengontrol data finansial harian, mingguan, hingga bulanan dengan mudah.

Kamu bisa mencatat keseluruhan transaksi keuangan, membuat laporan pengeluaran dan perencanaan keuangan, hingga mengelola keseluruhan aset pribadimu.

Selain itu, kamu juga bisa mengelola gaji bulanan, asuransi, deposit, hingga cicilan secara efisien dari satu aplikasi dengan memanfaatkan fitur transfer otomatis.

Namun, terkadang proses sinkronisasi awal antara Money Manager dan bank masih bermasalah karena sistem dan regulasi yang ada.

Untuk melihat data secara visual, aplikasi ini menyajikan grafik keuangan, sehingga kamu dapat melihat perbandingan antara pengeluaran dan anggaran bulanan.

Adanya fitur sandi atau PIN membuat aplikasi ini semakin nyaman digunakan, sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses pencatatan keuangan kamu.

Sayangnya, aplikasi Money Manager Expense & Budget untuk versi gratis tidak bebas iklan. Beberapa fitur juga terbatas pada negara-negara tertentu saja.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Novel Gratis, Bisa Bikin Cuan!

2. Money+

Mencatat pengeluaran bulanan kini juga bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi Money+, baik secara offline maupun online.

Aplikasi ini mendukung kategorisasi transaksi, sehingga kamu dapat memisahkan setiap biaya dalam akun dan pos berbeda.

Tak perlu repot atau bingung saat mencatat transaksi dengan nilai tukar berbeda, karena aplikasi Money+ juga menunjang pengelolaan dan konversi ke banyak mata uang internasional dengan adanya "Multi-currency Support"

Kamu juga bisa mendapatkan data analisis pemasukan dan pengeluaran dalam rentang waktu tertentu.

Dengan slogan "Cute Expense Tracker", Money+ menyajikan tampilan aplikasi yang menarik dan dilengkapi berbagai ikon yang berwarna-warni. Kamu juga bisa mengganti tema warna di aplikasi ini.

Namun, beberapa fitur hanya berfungsi jika kamu membeli versi premium, seperti fitur pencadangan dan buku keuangan tambahan.

Meski begitu, kamu tetap bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store maupun App Store, dan menggunakan fitur-fitur dasar aplikasi yang tak kalah efektif untuk mengelola keuangan bulanan.

Baca juga: Wajib Tahu! 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Bikin Dompet Tebal

3. Monefy

Aplikasi pencatat keuangan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Monefy.

Melacak keuangan harian akan menjadi lebih mudah dan cepat dengan banyaknya widget yang tersedia, seperti "food", "car", "transport", "eating out", "communications", dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot menambahkan keterangan saat mencatat setiap transaksi. Kamu hanya perlu menambahkan jumlah biayanya saja.

Selain melacak keuangan, Monefy juga akan memudahkan kamu dalam mengelola anggaran bulanan.

Kamu bisa melihat data perbandingan antara pengeluaran pribadi dengan pendapatan bulanan, sehingga kamu akan terdorong untuk lebih berhemat.

Aplikasi Monefy juga memungkinkan sinkronisasi data dari beberapa perangkat, mengontrol pembayaran berulang, pencadangan data keuangan, membuat lebih dari satu akun, hingga penggunaan PIN.

4. Spendee

Kemudahan untuk mengatur keuangan juga bisa kamu rasakan di aplikasi Spendee. Kamu bisa mengunduhnya gratis di Play Store dan App Store.

Optimalkan rencana anggaran bulanan dengan melacak seluruh pengeluaran tiap harinya.

Aplikasi pencatat keuangan ini dapat terintegrasi dengan berbagai dompet digital hingga akun perbankan, sehingga akan lebih memudahkan kamu melihat daftar transaksi setiap bulannya.

Selain menyajikan data-data keuangan dalam grafik yang mudah dipahami, Spendee juga menawarkan analisis ataupun informasi mendalam yang akan membantu kamu mencapai kondisi finansial yang sehat.

Fitur "Shared Finances" memungkinkan kamu mengelola keuangan dengan orang sekitarmu dengan efektif.

Tak perlu bingung bagaimana mencatat pengeluaran saat berlibur ke luar negeri. Kamu bisa memanfaatkan fitur “Multiple Currencies” untuk mencatat transaksi dalam berbagai jenis mata uang.

Tampilan aplikasi Spendee cukup intuitif, mudah dipahami, dan ramah di mata dengan adanya fitur “Dark Mode”. 

Namun, ukuran aplikasi yang tergolong besar, membuat aplikasi ini sering mengalami crash atau lag.

Baca juga: 5 Aplikasi Kalkulator Berfitur Lengkap dan Gratis, Nomor 2 Bisa Hitung Split Bill!

5. Wallet

Rekomendasi selanjutnya adalah Wallet, yang dirancang untuk membantu kamu menabung, melacak keuangan, hingga merencanakan masa depan dalam satu aplikasi.

Kamu tidak perlu repot lagi mencatat keuangan di buku atau di komputer, cukup di smartphone yang bisa kamu bawa kemana saja dan kapan saja.

Aplikasi pencatat keuangan ini dapat membantu kamu melacak transaksi hingga mengelola utang.

Jika kamu tidak sempat memasukkan daftar transaksi satu per satu atau manual, kamu bisa mengimpor file keseluruhan ke dalam aplikasi. 

Tersedia pula fitur sinkronisasi dengan bank yang lengkap dengan kategorisasi transaksi, sehingga memudahkan kamu mengevaluasi pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan.

Kamu pun bisa membuat perencanaan keuangan dengan orang terdekat untuk tujuan tertentu, seperti menikah atau berlibur bersama.

Penyajian grafik yang mudah dipahami memberikanmu gambaran tentang kondisi keuanganmu dalam segala jenis transaksi.

Kamu juga bisa mendapatkan beberapa saran terkait masalah finansial yang mungkin kamu hadapi, di mana kamu bisa melakukan pengeluaran lebih, kapan kamu perlu menyimpan tabungan dengan jumlah yang lebih banyak, ataupun rekomendasi lainnya.

Baca juga: 9 Aplikasi Jual Foto Online, Ubah Hobi jadi Bisnis!

6. Sribuu

Jika kamu sedang berusaha untuk berhemat dan ingin mencapai kebebasan finansial, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi Sribuu.

Sribuu menawarkan sejumlah fitur yang dirancang untuk mengontrol transaksi keuangan agar mencapai kondisi keuangan yang stabil.

Aplikasi ini dapat memudahkan kamu melacak keuangan dari bank, dompet digital, hingga platform e-commerce.

Ada pula rekomendasi para ahli dari hasil laporan keuangan, seperti saran untuk menabung emas digital, mengurangi aktivitas belanja, dan rekomendasi lainnya.

Aplikasi pencatat keuangan ini tentunya aman digunakan karena sudah terdaftar di KOMINFO dan BAPPEBTI.

Kamu bisa mengunduh Sribuu di Play Store ataupun App Store. Sayangnya, beberapa pengguna masih mengeluhkan adanya kendala setiap membuka aplikasi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Menggambar Terbaik, Asah Keterampilan dengan Praktis dan Seru!

Dengan memanfaatkan aplikasi pencatat keuangan, kamu dapat memastikan bahwa pengelolaan keuangan tidak lagi menjadi beban.

Cobalah salah satu aplikasi di atas dan rasakan mudahnya mengatur keuangan secara lebih efisien berkat adanya berbagai fitur menarik.

Sebab, pengelolaan keuangan yang baik merupakan kunci untuk mencapai kondisi finansial yang sehat.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat