visitaaponce.com

9 Aplikasi Jual Foto Online, Ubah Hobi jadi Bisnis

9 Aplikasi Jual Foto Online, Ubah Hobi jadi Bisnis!
Aplikasi jual foto Shutterstock(Shutterstock)

Kecintaan pada dunia fotografi bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dengan memanfaatkan aplikasi jual foto online.

Tidak hanya sebagai hobi semata untuk memuaskan minat dan kreativitas, tetapi juga membuka peluang bisnis yang menjanjikan.

Beberapa tahun belakangan, aplikasi jual foto di internet telah membuka gerbang bagi para fotografer, baik profesional maupun amatir, untuk menjual karya-karya visual secara global.

Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya menyediakan wadah untuk memamerkan kreativitas, tetapi juga menjadi jembatan antara fotografer dan pelanggan yang mencari konten visual berkualitas.

Mulai dari aplikasi Shutterstock yang terkenal hingga platform inovatif seperti Foap dan EyeEm bisa kamu manfaatkan untuk menjual foto secara online, menghasilkan pendapatan tambahan, hingga membuka peluang kolaborasi dengan merek terkemuka.

Baca juga: Wajib Tahu! 8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Bikin Dompet Tebal

Inilah beberapa rekomendasi aplikasi untuk menjual foto ataupun konten visual lain yang bisa kamu coba. 

Aplikasi Jual Foto Online

1. Shutterstock Contributor

Shutterstock merupakan salah satu platform terkemuka untuk menjual foto dan video.

Jika kamu berminat untuk menjadi kontributor Shutterstock, kamu bisa mendaftarkan diri dan mengunggah karyamu untuk dijual kepada pengguna yang membutuhkan konten visual, baik melalui smartphone, tablet, ataupun komputer.

Beberapa konten visual yang bisa kamu monetisasi untuk kebutuhan kreatif dan pemasaran di platform ini meliputi berbagai jenis gambar, video, dan elemen desain lainnya, yang berhubungan dengan keberagaman, wisata, momen autentik, kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menemukan daftar kategori konten yang sedang diminati dan memiliki potensi penjualan tinggi pada fitur "The Shot List".

Shutterstock juga menyediakan video pembelajaran dari para ahli dan blog kontributor untuk meningkatkan inspirasi dan kemampuan fotografi kamu.

Kamu akan menerima pembayaran dari Shutterstock setiap kali konten kamu diunduh.

2. Adobe Stock

Adobe Stock adalah salah satu platform yang menyediakan kesempatan bagi fotografer dan pencipta konten visual untuk menjual foto dan video mereka.

Aplikasi ini terintegrasi dengan perangkat lunak Adobe Creative Cloud.

Hal ini memudahkan dan mempercepat kamu dalam menyunting dan mengunggah konten visual yang ingin kamu monetisasi.

Konten yang kamu kirimkan harus merupakan konten berkualitas tinggi dalam berbagai kategori, seperti teknologi, medis, kuliner, potret, gaya hidup, bisnis, video, rekaman drone, dan banyak lagi.

Aplikasi jual foto ini juga menerapkan teknologi pembelajaran mesin, sehingga memudahkan kamu untuk mengunggah, menerapkan kata kunci, dan menjual karyamu.

Adobe Stock tidak hanya membuka peluang pendapatan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk meningkatkan popularitas global bagi kreativitasmu. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Android, Begini Cara Pakainya

3. iStock by Getty Images

iStock merupakan bagian dari perusahaan Getty Images, dan memungkinkan kontributor untuk mendapat royalti dari konten visual yang mereka jual.

Setelah berhasil bergabung menjadi kontributor, kamu bisa mengunggah konten melalui aplikasi "Contributor by Getty Images" di smartphone.

Konten yang banyak dicari biasanya mencakup kategori vektor, keberagaman, kesehatan, perjalanan, dunia kerja, keluarga, olahraga dan lainnya.

Namun, platform ini memiliki proses seleksi yang cukup ketat untuk memastikan kualitas konten yang tinggi.

Melalui iStock ataupun Getty Images, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjual konten berupa foto, vektor, ilustrasi, ataupun video kepada perusahaan terkemuka, media, hingga agensi periklanan secara global.

4. Dreamstime

Untuk menjual gambar di Dreamstime Companion, kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu, baik melalui smartphone, tablet, atau komputer.

Pastikan gambar yang akan kamu jual merupakan karya asli yang tidak termasuk dalam kategori eksplisit, narkotika, orang dalam posisi yang tidak pantas, atau konten rasis.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengunggah konten visual dari berbagai sumber, seperti Google Drive, Google Photos, Google Plus, Dropbox, Fotor, Facebook dan banyak lagi.

Gambar yang kamu unggah perlu menunggu persetujuan, sebelum bisa dijual ke publik. 

Semakin banyak orang yang mengunduh atau membeli konten visual milikmu, semakin tinggi pula harga penjualan konten tersebut.

Dreamstime menjanjikan pendapatan bagi hasil sebesar 25-50% dari setiap transaksi.

Baca juga: 6 Aplikasi Penjernih Foto Gratis, Buat Gambar Lebih Jelas dan Tajam!

5. EyeEm

Aplikasi jual foto ini menawarkan berbagai fitur menarik yang memungkinkan kamu menjual foto dengan hasil terbaik.

Kamu juga bisa memanfaatkan komunitas, teknologi, dan tutorial yang ada di platform EyeEm untuk meningkatkan kemampuan fotografi.

Platform ini menyediakan fitur untuk menyunting gambar dengan mudah, termasuk 24 filter foto yang bisa kamu sesuaikan, seperti efek Vintage, Fresh dan B&W.

EyeEm bahkan menyediakan fitur dengan bantuan teknologi estetik yang diklaim bisa membantu kamu menemukan foto terbaik dengan potensi penjualan tertinggi.

Selain itu, fitur pengenalan gambar otomatis dalam platform ini juga bisa membantu mengidentifikasi elemen dalam foto dan memberikan kata kunci yang sesuai untuk keterangan foto.

6. Foap

Foap adalah platform yang ideal bagi kamu yang ingin memonetisasi konten visual dengan cara yang sederhana dan efektif di dunia digital.

Lewat aplikasi jual foto ini, kamu dapat mengunggah karya terbaikmu untuk dijual kepada perusahaan global dan agensi di seluruh dunia.

Dengan begitu, kamu dapat membantu mereka yang mencari gambar berkualitas untuk keperluan pemasaran, kampanye iklan, atau proyek kreatif lainnya, serta mendapatkan komisi 50% dari setiap foto yang terjual.

Foap seringkali mengadakan kontes fotografi, di mana perusahaan sebagai pelanggan menetapkan tema tertentu dan membayar kontributor mulai dari Rp 700 ribu (US$50) untuk karya yang dipilih.

Kontes ini memberikan kesempatan tambahan bagi kontributor untuk mendapatkan penghargaan dan pengakuan global.

Pelanggan juga bisa memberikan komentar dan umpan balik di aplikasi Foap, sehingga kontributor bisa lebih berkembang dan meningkatkan kemampuan sebagai kreator.

Baca juga: Praktis! Inilah 7 Aplikasi Scan Foto Terbaik untuk Pengguna Android, Simak Keunggulannya

7. Scoopshot

Scoopshot adalah platform yang memungkinkan kamu menjual jasa kreatif secara online, baik sebagai fotografer ataupun videografer.

Kamu bisa mengunggah foto lewat situs web dan membuat portofolio sendiri, sehingga konten tersebut dapat diakses oleh perusahaan, media, atau individu yang membutuhkan gambar untuk berbagai keperluan.

Salah satu fitur menarik dari Scoopshot adalah adanya "assignments" dari perusahaan atau agensi tertentu, yang berupa pesanan atau permintaan khusus. 

Sebagai fotografer atau videografer profesional, kamu dapat memenuhi permintaan ini dan menghasilkan konten yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Selain mengelola portofolio, aplikasi jual foto ini memungkinkan kamu untuk melihat statistik dan berinteraksi dengan komunitas Scoopshot.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Kamera Terbaik untuk HP Android, Foto Jadi Lebih Bagus!

8. 500px

Aplikasi jual foto ini memungkinkan kamu menjadi kontributor foto dan memonetisasi konten secara global.

Setelah mendaftarkan diri di platform 500px, kamu bisa mengirimkan karya-karya terbaikmu.

Editor akan meninjau seluruh foto yang dikirimkan sebelum disetujui untuk dijual di platform tersebut.

Beberapa faktor yang dipertimbangkan editor mencakup kualitas, estetika, umpan balik pelanggan, dan yang paling penting, daya jual atau kelayakan komersial.

Dengan menjadi kontributor di 500px, konten visual yang kamu kirimkan juga memiliki kesempatan untuk didistribusikan ke platform Getty Images.

Kamu pun berkesempatan untuk mendapatkan 60% dari penjualan bersih untuk foto eksklusif dan 25% untuk non-eksklusif. 

Platform 500px juga memungkinkan kontributor untuk membangun situs portofolio sendiri, sehingga bisa menjangkau lebih banyak perusahaan ataupun agensi yang ingin bekerja sama.

9. Snapwire

Snapwire merupakan salah satu aplikasi jual foto yang menghubungkan fotografer dengan merek-merek global.

Snapwire memungkinkan kamu mengunggah foto langsung dari kamera ponsel, galeri, ataupun Adobe Creative Cloud, dan menyuntingnya menggunakan efek dari aplikasi Lightroom.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan di Snapwire dengan beberapa cara, seperti pesanan foto khusus, kontes foto, hingga memamerkan hasil foto di marketplace foto.

Namun, kamu perlu mengumpulkan poin untuk mencapai level-level tertentu dan mendapatkan lebih banyak komisi pembayaran.

Di platform ini kamu juga bisa membangun koneksi dengan fotografer maupun pekerja kreatif lain dari seluruh dunia.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Novel Gratis, Bisa Bikin Cuan!

Itulah rekomendasi aplikasi jual foto online yang bisa kamu manfaatkan untuk mengubah hobi menjadi peluang bisnis di dunia digital.

Dengan fitur-fitur unggulan dan potensi komisi yang ditawarkan masing-masing platform, kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat