visitaaponce.com

Menkes Sebut Pemudik Rentan 3 Masalah Kesehatan

Menkes Sebut Pemudik Rentan 3 Masalah Kesehatan
Pemudik bersepeda motor beristirahat di bahu jalan raya pantura, Indramayu, Jawa Barat, Minggu (7/4). Kelelahan sering menyerang pemudik.(ANTARA/BAYU PRATAMA S)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut terdapat 3 masalah kesehatan yang dialami pemudik yakni dispepsia atau gangguan saluran pencernaan, fatigue atau kelelahan parah, dan darah tinggi.

"Dilaporkan ada 15 pemudik yang masuk teregistrasi mendapatkan pelayanan kesehatan di posko kesehatan," kata Budi, Rabu (10/4).

Dari jumlah tersebut, 14 pengunjung mendapatkan pelayanan kesehatan sampai tuntas. Sementara satu orang lainnya yang mengalami gangguan saluran pencernaan dirujuk ke rumah sakit rujukan terdekat yang sudah disiagakan.

Baca juga : Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak Agar Mereka Tumbuh Optimal

Selain itu, kecelakaan juga menjadi salah satu indikator kesehatan yang harus diperhatikan saat arus mudik berlangsung. Dengan adanya pos kesehatan di sejumlah titik, pemerintah berharap penanganan kecelakaan dapat dilakukan lebih cepat agar menurunkan angka kasus kematian lebih banyak.

"Menyetirnya hati-hati. Jangan sampai ngantuk! Tekanan darah juga harus dalam kondisi baik," ucapnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan kondisi kesehatannya. Jika merasa lelah pemudik agar segera beristirahat. Bahkan, dianjurkan pengemudi untuk berhenti sebentar di rest area setelah menyetir selama 4 jam agar terhindar dari kecelakaan.

Pos kesehatan di jalur mudik dan balik tersebut menyediakan tabung oksigen dan oksigen konsentrasi. Kemudian, ada fasilitas rujukan ambulans emergency, pos kesehatan juga terdapat rumah sakit rujukan yang disiagakan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat