visitaaponce.com

Belanja Asuransi Kesehatan Sosial Naik, Mayoritas ke Rumah Sakit

Belanja Asuransi Kesehatan Sosial Naik, Mayoritas ke Rumah Sakit
Ilustrasi.(Freepik)

BELANJA asuransi kesehatan sosial meningkat 36% menjadi Rp167,4 triliun pada 2023. Total belanja tersebut mencakup 98,9% atau Rp165,6 triliun untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan 1,1% atau Rp1,9 triliun untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

"Di sini belanja asuransi kesehatan sosial Rp167,4 triliun. Kenapa menjadi perhatian di sini? Karena dari Rp167,4 triliun ternyata mayoritas perginya ke rumah sakit," kata  Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Prastuti Soewondo di Jakarta, Selasa (2/7). 

Prastuti menekankan bahwa tingginya biaya yang dialokasikan untuk rumah sakit menjadi perhatian utama. Mayoritas dari dana tersebut yaitu 84,3% digunakan untuk rumah sakit atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Sisanya 12,4% digunakan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti puskesmas dan klinik swasta. 

Baca juga : 2023, Pembayaran Klaim Kesehatan MSIG Life Naik 39%

"Kita sudah tahu bahwa literatur mana pun mengatakan rumah sakit itu pasti mahal. Jadi, bagaimana caranya kita tidak terlalu banyak ke rumah sakit. Negara-negara yang sustain ialah yang merancang agar spending-nya proporsional dengan 30% atau 25% untuk FKTP dan sisanya baru untuk rumah sakit," jelasnya.

Menurut Prastuti, rumah sakit memerlukan teknologi dan sumber daya yang luar biasa sehingga biayanya menjadi mahal. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi kunjungan ke rumah sakit dan memaksimalkan layanan di FKTP.

"Begitu orang masuk rumah sakit pasti akan mahal. Jadi, bagaimana kita bisa mengatur agar tidak terlalu banyak yang harus ke rumah sakit?" tambahnya. 

Dari total belanja Rp167,4 triliun, sebanyak Rp105 triliun digunakan untuk mengatasi penyakit tidak menular (PTM) seperti hipertensi, diabetes, hiperlipidemia, penyakit jantung, dan stroke. Dengan alokasi yang besar untuk rumah sakit dan PTM, Kemenkes mendorong penguatan layanan di tingkat FKTP untuk mengurangi beban biaya yang tinggi di rumah sakit. (Ant/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat