visitaaponce.com

Biopac Giat Edukasi Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Biopac Giat Edukasi Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik
Ilustrasi(MI/DESPIAN NURHIDAYAT)

BIOPAC, UMKM yang merupakan alumni ajang BRILIANPRENEUR 2022 dan 2023, memiliki misi yang sangat mulia untuk membuat lingkungan lebih bersih ke depannya.

Namun demikian, Noryawati Mulyono selaku Founder Biopac mengatakan bahwa mengubah mindset masyarakat untuk mengurangi sampah plastik bukan perkara yang mudah.

“Sejak 2023 itu sudah banyak imbauan mengurangi sampah plastik. Tapi realita kontribusi plastik keresek itu hanya sedikit. Kebanyakan produk masih dikemas dengan plastik sekali pakai. Jadi menghemat satu keresek bukan berarti mengurangi plastik,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Sabtu (27/4).

Baca juga : Bijak Menggunakan Plastik jadi Tema Kegiatan Lippo Cikarang Mengajar

Untuk itu, menurutnya eMengubah mindset masyarakat untuk mengurangi sampah plastik bukan perkara yang mudah.

Menurutnya, BRI menjadi salah satu pihak yang sangat penting untuk menumbuhkan edukasi kepada masyarakat terkait dengan berbagai produk UMKM yang dapat menjadi alternatif pengganti plastik.

Bahkan, Noryawati menambahkan bahwa BRI memberikan tawaran pembiayaan dan juga menyiapkan ekosistem bagi Biopac agar dapat terhubung dengan UMKM lain dengan tujuan untuk mengurangi sampah plastik.

Baca juga : Pisces Partnership dan Kemenko Marves Luncurkan Proyek Atasi Polusi Plastik

“BRI bisa siapkan ekosistem dengan UMKM lain serta perkenalkan produk dan solusi kita. Karena ada UMKM yang beriorientasi ekspor tapi negara tujuannya melarang plastik. Kita bisa bantu siapkan. Misalnya untuk sabun hotel dan produk-produk lainnya,” ujar Noryawati.

Sebagai social company, Biopac sendiri dikatakan beberapa kali mendapatkan pembiayaan dari berbagai lembaga. Dalam artian, ada perusahaan yang memesan produk mereka untuk dibagikan kepada masyarakat. Tapi ada pula yang langsung dibeli oleh konsumen.

“Makanya terkait omzet itu ada yang dibeli donatur dan juga ada juga yang dibeli oleh konsumennya.

Sampai saat ini, beberapa pasar luar negeri yang sudah dijamah oleh Biopac sendiri di antaranya Amerika Serikat, Jepang, dan Inggris.(H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat