visitaaponce.com

Suhu Panas di Indonesia bukan Heat Wave, Melainkan Panas Terik Harian

Suhu Panas di Indonesia bukan Heat Wave, Melainkan Panas Terik Harian
Pekerja tersinari cahaya matahari saat akan menyeberang di kawasan Sudirman, Jakarta.(MI/RAMDANI)

BADAN Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut suhu panas yang terjadi di Indonesia bukan termasuk gelombang panas.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan, jika ditinjau secara karakteristik fenomena maupun secara indikator statistik pengamatan suhu, tidak termasuk kedalam kategori gelombang panas.

"Secara karakteristik fenomena, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya," kata Guswanto saat dihubungi, Rabu (1/5).

Baca juga : Sejumlah Negara Eropa Diterjang Gelombang Panas

Selain itu, wilayah Indonesia juga memiliki variabilitas perubahan cuaca yang cepat. Dengan perbedaan karakteristik dinamika atmosfer tersebut, maka dapat dikatakan bahwa di wilayah Indonesia tidak terjadi fenomena yang dikenal dengan gelombang panas atau heat wave.

"Jadi yang terjadi di wilayah Indonesia adalah kondisi suhu panas harian yang umumnya disebabkan oleh kondisi cuaca cerah pada siang hari dan relatif lebih signifikan pada saat posisi semu matahari berada di sekitar ekuatorial," ujar dia.

Berdasarkan, data suhu udara maksimum dari beberapa hari atau minggu terakhir, menunjukkan bahwa wilayah Indonesia tidak mengalami gelombang panas atau heatwave.

Akan tetapi, hanya terjadi fenomena panas terik harian akibat pemanasan matahari. Kemudian pergerakan matahari yang akan semakin bergerak ke arah Utara menyebabkan potensi wilayah Indonesia mengalami gelombang panas atau heatwave tidak terjadi. (Iam)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat