visitaaponce.com

Jemaah Haji Wajib Tahu, Begini Adab Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW

Jemaah Haji Wajib Tahu, Begini Adab Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW
Pengunjung berdoa di depan makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar as Siddiq dan Umar bin Kattab di Masjid Nabawi, Madinah.(Dok. Antara)

SAAT berada di Madinah, selain melaksanakan salat di Masjid Nabawi, berdoa di Raudhah dan berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW juga menjadi agenda yang didambakan para jemaah haji Indonesia.

Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW memiliki tata cara dan adab tersendiri. Pembimbing ibadah PPIH Arab Saudi ustaz Mukti Ali menguraikan adab dan etika berziarah tersebut.

Menurut ustaz Mukti Ali, saat tiba di makam adab dan etika yang pertama yaitu mengucapkan salam . "Assalamu'alaika ya Rasulullah, Assalamu'alaika ya Habibullah," ujarnya .

Baca juga : Ini Tempat-tempat Favorit Jemaah Haji di Madinah selain Masjid Nabawi

Dia melanjutkan setelah memberikan salam kepada Nabi Muhammad SAW, jemaah dianjurkan untuk melaksanakan shalat dua rakaat di Raudha.

Selanjutnya kata dia hal yang dilakukan jemaah adalah berdoa. "Berdoa bisa menggunakan bahasa Arab bagi yang bisa berbahasa Arab, atau menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah," urainya.

Hal berikutnya yang dilakukan adalah membaca shalawat kepada Nabi.

Baca juga : 16 Juni Seluruh Jemaah Haji Harus Tinggalkan Madinah

"Shallallahu ala Muhammad, Shallallahu alaihi wasallam. Begitu ucapannya," kata ustad Mukti yang juga dosen di PTIQ.

"Karena kita sedang berada di samping Nabi Muhammad SAW. Dan jika memungkinkan waktunya kemudian kita lanjut membaca istighfar," jelasnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat