visitaaponce.com

Hari Jadi ke-24, ESQ Fokus Menyiapkan SDM Cerdas dan Berkarakter Wujdukan Indonesia Emas 2045

Hari Jadi ke-24, ESQ Fokus Menyiapkan SDM Cerdas dan Berkarakter Wujdukan Indonesia Emas 2045
ESQ fokus siapkan SDM cerdas dan berkarakter songsong Indonesia Emas 2045(Dok)

LEMBAGA Training Pengembangan Karakter ESQ selama 24 tahun terakhir konsisten memberikan pelatihan SDM, dengan jumlah alumni mencapai lebih dari 5 juta orang, yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Di hari jadinya yang ke-24 tahun tepat di tanggal 16 Mei 2024, ESQ Corp di bawah naungan Ary Ginanjar Agustian sebagai pimpinan yang Ambidextrous tersebut telah mencetak berbagai prestasi.

Dalam perayaan resepsi yang digelar pada Minggu tanggal 19 Mei 2024 di Gedung Menara 165 Jakarta dihadiri Rektor Universitas YARSI Fasli Jala dan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar. 

Baca juga : Perkuat Pendidikan Karakter Anak Muda untuk Menuju Indonesia Emas 2045

Hadir juga para tokoh berpengaruh di Indonesia dan global seperti dari pimpinan korporasi, perguruan tinggi, kementerian, rumah sakit, anggota dewan, selebritis, lembaga. Serta Para Korwil dan Korda Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ se-Indonesia, dan tamu undangan sekitar 700-800 orang.

Di moment yang mengusung tema "Menyiapkan SDM Cerdas dan Berkarakter, untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045" itu Ary Ginanjar sang motivator nasional mengutarakan ESQ telah berhasil mendirikan Menara 165 dan telah meresmikan berdirinya Univeritas UAG yang merupakan transformasi dari sebelumnya yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ (STIMIK ESQ) yang di resmikan pada tanggal 24 Maret 2024.

"Universitas UAG yang merupakan bagian dari milestone capaian ESQ ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mendidik SDM Cerdas dan Berkarakter. Kurikulumnya dirancang dengan keseimbangan IQ, EQ dan SQ," kata Ary Ginanjar.

Baca juga : KAI Ajak Generasi Muda Dukung Kereta Api Jadi Transportasi Masa Depan

Mengingat, begitu banyak permasalahan mental yakni 15,5 juta (34,9 persen) remaja mengalami masalah mental dan 2,45 juta (5,5 persen) remaja mengalami gangguan mental. Dari jumlah itu, baru 2,6 % yang mengakses layanan konseling, baik emosi maupun perilaku ini mengacu data Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey 2022. Sedangkan 6,1 % penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas mengalami gangguan kesehatan mental ,ini data Kementerian Kesehatan Indonesia Survey 2018.

Oleh karenanya, salah satu jurusan di Universitas UAG yang sangat relate dengan permasalahan mental adalah Sarjana S1 Personal & Organizational Psychology. Program studi psikologi berbasis karakter yang secara komprehensif mempelajari human technology.

Program studi ini bertujuan untuk melahirkan mahasiswa yang siap bekerja dan menguasai cara meningkatkan kapasitas dan kapabilitas manusia melalui teknik coaching, hypnotherapy, dan NLP.

Baca juga : Wapres Optimis Keuangan Syariah Berperan Penting untuk Indonesia Emas 

"Program studi ini juga mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional di bidang SDM yang membantu organisasi untuk membangun lingkungan kerja yang happy, healthy and wealthy," papar pendiri ESQ tersebut.

Lebih lanjut, Ary Ginanjar mengajak untuk merapatkan barisan dan meningkatkan kesungguhan dan kerja keras membangun mental dan moral bangsa ini. Harapannya pada 2045, 10% penduduk Indonesia adalah alumni ESQ dengan 5% nya adalah para pemimpin yang sudah dibekali dengan nilai-nilai 165.

Para pemimpin yang memiliki bekal tidak hanya intelektual namun juga kecerdasan emisional dan spiritual yang diperlukan bangsa ini. Mereka-lah yang akan menentukan arah perjalanan bangsa, menuju pada cita- cita bangsa atau justru membawa negara ini ke dalam jurang kehancuran."

Baca juga : Capai Visi 2045, Ekonomi Harus Tumbuh 8% tiap Tahun

Di milad ESQ yang menuju tahun perak ini, banyak ucapan, doa, harapan dari tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia ini seperti:

Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno, mengucapkan, "Selamat ulang tahun ESQ ke yang 24 dan terus menginspirasi dan selamat untuk Prof. Dr. Ary atas segala visionernya dan mudah-mudahan ke depan para alumni berkolaborasi untuk mencapai Indonesia emas 2045,” ujarnya. 

Director and Global Marketing Head Mayora Group, Ricky Afrianto senada, "Saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk ESQ agar selalu sukses dan semakin banyak membawa kebahagiaan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia,” tegasnya. 

Ketua Umum P3I Jakarta, Janoe Arijanto menilai "ESQ sudah mencapai umur 24 tahun itu luar biasa. Memiliki konsep yang luar biasa, konsep yang panjang, dan itu terus dihidupkan sampai hari ini. So, saya ucapkan selamat kepada Pak Ary Ginanjar dan ESQ,” ungkapnya. 

Willy Winarko-Saykoji (content creator) menuturkan ESQ cukup lama menginspirasi di Indonesia .

"Sukses terus pastinya selamat ulang tahun happy milad dan pastinya selalu menginspirasi,” tuturnya. 

Di sela-sela acara dilakukan penyerahan penghargaan yakni kategori Corporate Culture Award dan Character Building Award. Dari Corporate Culture diraih PT. Bank Syariah Indonesia Tbk. (BUMN), Kementerian PUPR (tingkat Kementerian), Bank Indonesia (Lembaga), Pemkab Sukamara (Pemda), Bank BJB (Bank Daerah).

Lalu, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya (PDAM Daerah), RSAB Harapan Kita (Rumah Sakit), PT. Kalimantan Prima Persada (Astra Group) (Swasta) dan Character Building Award (Kategori khusus, kampus yang fokus kepada pembangunan karakter) diraih oleh Universitas Esa Unggul.

Sebelum berlangsungnya acara puncak ini, telah dilaksanakan beberapa agenda Road to Milad ESQ ke-24 di antaranya Mental Health Talkshow dan Mental Health Ranger ,Fun Charity Run 5K , Gathering Guru BK , kegiatan internal bersama Ksatria atau karyawan ESQ Corp ,dan Rapat Koordinasi Nasional bersama Korwil serta Korda Se-Indonesia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat