visitaaponce.com

Zikir, Selawat, Doa, Amalan dalam 10 Hari Pertama Zulhijah

Zikir, Selawat, Doa, Amalan dalam 10 Hari Pertama Zulhijah
Ilustrasi.(Freepik)

PADA Jumat 7 Juni 2024 bakda maghrib, kita sudah masuk tanggal 1 bulan Zulhijah 1445 H. Ada banyak sekali amalan penting pada 10 hari pertama bulan Zulhijah, baik berupa zikir, selawat, dan doa yang dapat kita baca maupun anjuran pada hari-hari tersebut.

Berikut ini beberapa amalan dan anjuran pada 10 hari pertama bulan Zulhijah. Ini dilansir dari @ppalanwar2sarang.

Zikir 10 hari pertama Zulhijah

Zikir ini biasanya dibaca oleh ulama dan orang saleh, terutama di Tarim Hadhromaut. 

Baca juga : Doa dan Zikir dalam 10 Hari Pertama Zulhijah

(ثلاث أو عشر مرات ) Boleh dibaca 3/10 kali.

لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ عَدَدَ اللَّيَالِي وَالدُّهُوْرِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الْأَيَّامِ وَالشُّهُوْرِ، لا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أَمْوَاجِ الْبُحُوْرِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أَضْعَافِ الْأُجُوْرِ، لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ عَدَدَ الْقَطْرِ وَالْمَطَرِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أَوْرَاقِ الشَّجَرِ، ولا إلَهَ إِلَّا اللهُ عَدَدَ الشَّعْرِ وَالْوَبَرِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الرَّمْلِ وَالْحَجَرِ، لا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الزَّهْرِ وَالثَّمَرِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أَنْفَاسِ الْبَشَرِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ لَمْحِ الْعُيُوْنِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ مَا كَانَ وَمَا يَكُوْنُ، لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ تَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ لا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُوْنَ، لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ فِي اللَّيْلِ إِذَا عَسْعَسَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فِي الصُّبْحِ إِذَا تَنَفَّسَ

Sumber: Kitab Kanzun Najah Was Surur (Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds) dan Kitab Majmu'ul Awrad wal Adzkar Alhabib Zen bin Sumaith (Habib Ali bin Muhammad bin Zein Bin Sumaith).

Baca juga : Ganjaran Besar Puasa Sembilan Hari Awal Zulhijah

Selawat pada 10 hari pertama Zulhijah

Selawat Nabi ini dibaca 5x setiap malam. Barang siapa yang membacanya, selawat ini akan menjadi tebusan baginya dari api neraka.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مَا اتَّصَلَتِ الْعُيُونُ بِالنَّظَرِ، وَتَزَخْرَفَتِ الْأَرَضُوْنَ بِالْمَطَرِ، وَحَجَّ حَاجٌ وَاعْتَمَرَ، وَلَى وَحَلَقَ وَنَحَرَ ، وَطَافَ بِالْبَيْتِ الْعَتِيْقِ وَقَبَّلَ الْحَجَرَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ (٥×) فِي كُلِّ لَحظَةٍ أَبَدًا عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَاءَ نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Sumber: Kitab Wardatul Juyub Fis Sholati Alal Habib (Syekh Muhammad bin Abdul Aziz AlJazuli) dan Kitab Majmu’ul Awrad wal Adzkar Alhabib Zen bin Sumaith (Habib Ali bin Muhammad bin Zein Bin Sumaith).

Baca juga : Sejarah Peristiwa dan Keutamaan 10 Hari Pertama pada Zulhijah

Doa pada 10 hari pertama Zulhijah

Doa ini dibaca sebanyak-banyaknya agar digampangkan Allah dalam melunasi utangnya.

اللَّهُمَّ فَرَجُكَ الْقَرِيبُ اللَّهُمَّ سِتْرُكَ الحَصِيْنُ اللَّهُمَّ مَعْرُوْفُكَ الْقَدِيمُ، اللَّهُمَّ عَوَائِدُكَ الْحَسَنَةُ، اَللَّهُمَّ عَطَاءُكَ الحَسَنُ الْجَمِيْلُ، يَا قَدِيمَ الْإِحْسَانِ، إِحْسَانُكَ الْقَدِيمُ، يَا دَائِمَ الْمَعْرُوْفِ، مَعْرُوْفُكَ الدَّائِمُ

Sumber: Kitab Kanzun Najah Was Surur (Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds).

Baca juga : Kapan Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024? Cek Jadwal di Sini

Amalan-amalan pada 10 hari pertama Zulhijah

Poin-poin ini dikutip dari nasihat Al-Alim Ad-Da'i ila Allah Sultonul ilm wa Ulama Al-Habib Salim bin Abdullah Assyatiri rahimahullah. 

1. Berpuasa 9 hari di awal Zulhijah.

2. Menghidupkan malam-malamnya dengan ibadah dan tahajud walau setengah jam sebelum fajar.

3. Memperbanyak membaca kalimat tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir, terlebih ketika melihat hewan-hewan udhiyah (kurban). 

4. Menghidupkan malam hari tarwiyah (malam 8 Zulhijah) dan malam hari arafah (malam 9 Zulhijah).

5. Memperbanyak membaca zikir di hari Arafah dengan membaca:

a. Surat Al-Ikhlas 1.000 kali.

b. Tahlil 1.000 kali.

c. Selawat Ibrahimiyyah 1.000 kali.

d. Ayat Kursi 360 kali.

5. Memperbanyak memanjatkan doa di hari arafah dengan sungguh-sungguh.

6. Menghidupkan malam hari raya dengan membaca Al-Qur'an dan ibadah-ibadah lain.

7. Membaca takbir: mursal dan muqayyad.

a. Mursal (yang tidak terikat dengan salat). Ini disunahkan mulai dari terbenamnya matahari di hari arafah sampai takbirnya imam ketika salat Idul Adha.

b. Muqayyad (yang terikat dengan salat, baik sunah, wajib, bahkan salat jenazah). Ini diisunahkan bagi orang yang tidak melaksanakan haji di mulai dari subuh hari arafah sampai salat ashar di hari 13 Zulhijah. Adapun yang melaksanakan ibadah haji dimulai dari zuhur di hari raya Idul Adha sampai salat subuh di hari
13 Zulhijah setelah tahallul dilanjutkan sampai ashar. 

8. Berkumpul di suatu tempat di hari arafah dengan niatan menyerupai orang-orang yang wukuf di arafah serta berzikir dan doa bersama seperti adat di kota Tarim.

9. Menyembelih udhiyyah di hari raya Idul Adha dan hendaknya bagi yang berudhiyah tidak memotong kuku dan mencukur rambut mulai awal Zulhijah sampai pelaksanaan udhiyyah tersebut karena hukumnya makruh. 

10. Mandi sunah hari raya Idul Adha walaupun bagi orang yang haid.

11. Memakai wangi-wangian serta memakai pakaian yang paling bagus di antara pakaiannya di hari raya Idul Adha.

12. Salat Idul Adha dan berpagi-pagi menuju masjid untuk melaksanakannya.

13. Disunahkan tidak makan sesuatu setelah salat subuh di hari raya tersebut sampai setelah salat Idul Adha serta disunahkan memakan bagian hati dari kambing udhiyahnya. 

14. Mengucapkan tahni'ah (selamat) hari raya Idul Adha.

Itulah sedikit dari amalan-amalan yang dianjurkan di 10 hari pertama Zulhijah. Semoga bermanfaat. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat