visitaaponce.com

Ganjaran Besar Puasa Sembilan Hari Awal Zulhijah

Ganjaran Besar Puasa Sembilan Hari Awal Zulhijah
Ilustrasi.(Freepik)

BANYAK sekali amalan khusus yang dapat dilakukan pada bulan Zulhijah. Amalan itu dapat berupa doa, takbir pada malam hari raya, ataupun yang sangat identik ialah haji dan berkurban. Salah satu amalan lain yang juga sangat dianjurkan ialah puasa. Pada tahun ini, 1 Zulhijah jatuh pada Sabtu 8 Juni sampai 9 Zulhijah pada Minggu 16 Juni.  

Puasa sunah dilakukan sejak hari pertama memasuki bulan Zulhijah hingga tiba hari Arafah. Puasa yang dilakukan berturut-turut selama sembilan hari ini memiliki pahala yang sangat besar. Berikut besarnya ganjaran puasa sembilan hari di Zulhijah sebagaimana dilansir @pondoklirboyo.

Pahala puasa Zulhijah

Sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallah, setiap puasa satu hari sebanding dengan pahala satu tahun. Sementara qiyamul lail atau menghidupkan malam hari dengan beribadah pada malam-malam tersebut ibarat qiyamul lail pada malam lailatul qadar.

Baca juga : Sejarah Peristiwa dan Keutamaan 10 Hari Pertama pada Zulhijah

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيهَا مِنْ عَمْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ (رواه الترمذي والبزار وابن ماجه من طريق أبي بكر بن نافع البصري)

Tidak ada hari yang lebih disukai Allah untuk beribadah kepada-Nya kecuali 10 hari bulan Zulhijah. Puasa tiap hari di dalamnya sama dengan puasa selama satu tahun. Dan menghidupkan malam-malam dengan beribadah di dalamnya sama dengan menghidupkan malam lailatul qadr." (HR Tirmidzi, Bazzar, dan Ibn Majah).

Hal itu tertulis dalam Durrat an-Nashihin karya Usman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri Al-Khubawi (Dar Ihya Kutub 'Arabiyyah) Halaman 280.

Baca juga : Kapan Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024? Cek Jadwal di Sini

10 rahasia puasa Zulhijah

Sebagian ulama mampu menyingkap 10 rahasia puasa pada hari-hari awal di bulan Zulhijah. Berikut ke-10 rahasia puasa di sembilan hari awal Zulhijah.

a Umurnya diberi keberkahan. 

b. Harta yang dimiliki akan ditambah. 

Baca juga : Doa dan Zikir dalam 10 Hari Pertama Zulhijah

c. Sanak keluarganya akan dijaga. 

d. Keburukannya akan dihapus. 

e. Kebaikannya akan dilipatgandakan. 

Baca juga : Jadwal Puasa 1 Zulhijah 2023, Dalil dan Niat Puasa Arafah-Tarwiyah

f. Sakaratul mautnya akan dimudahkan. 

g. Gelap dalam kubur akan diterangkan. 

h. Timbangan amal baik akan diberatkan. 

i. Diberi keselamatan. 

j. Dinaikkan derajatnya.

Puasa khusus 9 Zulhijah

Sementara itu, secara khusus puasa pada 9 bulan Dzulhijjah mendapat perhatian oleh Nabi SAW. Beliau bersabda:

صِيَامُ يَومِ عَرَفَةَ أَحتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَن يَكْفَرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعدَهُ

Puasa pada hari 'Arafah, aku berharap kepada Allah agar menghapuskan (dengannya) dosa-dosa pada tahun lalu dan tahun yang akan dating.

Kemudian Syekh Zainuddin al-Malibari dalam Fath al-Mu'in menjelaskan, demi kehati-hatian hendaknya untuk berpuasa pada 8 bulan Dzulhijjah. (Abu Bakar, Utsman ibn Muhammad Syatho ad-Dimyathi, l'anah at-Tholibin, [Lebanon, Dar al-Fikr] Hal. 300, Jilid 2).

Dengan demikian puasa pada 8 Zulhijah (puasa tarwiyah) dan puasa pada 9 Zulhijah (puasa arafah) sangat dianjurkan karena dua hal.

1. Keduanya termasuk dari 10 hari pertama bulan Dzulhijah selain hari raya.

2. Puasa tarwiyah untuk kehati-hatian menyambut puasa Arafah. Puasa Arafah untuk puasa di hari yang mulia, yakni Arafah itu sendiri.

Puasa Zulhijah bertepatan dengan Senin-Kamis

Dianjurkan pula bagi orang yang puasa pada hari-hari awal bulan Dzulhijjah, apabila bertepatan dengan puasa sunah yang lain, semisal puasa hari Senin, untuk niat puasa kedua-duanya. Harapannya, kita mendapat pahala keduanya. 

Syekh Sulaiman al-Bujairami menjelaskan hal itu.

قَدْ يُوجَدُ لِلصَّوْمِ سَبَبَانِ كَوُقُوعِ عَرَفَةَ وَعَاشُورَاءَ يَوْمَ اثْنَيْنِ أَوْ خَمِيسِ وَكَوُقُوعِهِمَا فِي سِتَّةِ شَوَالِ فَيَتَأَكَدُ صَوْمُ مَا لَهُ سَبَبَانِ رِعَايَةً لِكُلِّ مِنْهُمَا فَإِنْ تَوَاهُمَا حَصَلَا كَالصَّدَقَةِ عَلَى الْقَرِيبِ صَدَقَةٌ وَصِلَةً وَكَذَا لَوْ تَوَى أَحَدَهُمَا فِيمَا يَظْهَرُ

Terkadang dalam puasa itu terdapat dua sebab, seperti puasa Arafah atau 'Asyura yang jatuh pada Senin atau Kamis atau puasa Senin dan Kamis yang dilakukan dalam tanggal enam hari pertama di bulan Syawal (selain 1 Syawal). Maka puasa yang memiliki dua sebab tersebut memiliki anjuran lebih demi menjaga kesunahan dua sebab tersebut. 

Apabila kedua puasa itu diniati, ia akan mendapatkan kedua pahalanya, seperti seseorang yang bersedekah pada kerabatnya ia akan mendapatkan pahala sedekah sekaligus pahala silaturahim. Menurut pendapat yang lain, meskipun ia niat salah satu saja ia akan mendapat pahala keduanya. (Syekh Sulaiman ibn Muhammad al-Bujairomi, al-Mishri, Tuhfah al-Habib Ala Syarh al-Khotib, [Lebanon, Dar al-Fikr] Hal. 404, Jilid 2).

Demikianlah keutamaan puasa di Sembilan hari awal Zulhijah. Yuk puasa. Pasti bisa ya. Insya Allah. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat