visitaaponce.com

Jemaah Haji Diingatkan Perhatikan Kondisi Kaki

Jemaah Haji Diingatkan Perhatikan Kondisi Kaki
Jemaah haji di Asrama Haji Donohudan, sebelum diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah.(MI/Widjajadi)

PERHIMPUNAN Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) mengingatkan jemaah haji Indonesia untuk memperhatikan kondisi kaki selama berada di Arab Saudi.

Ketua Umum Pengurus Pusat Perdokhi Syarief Hasan Lutfie, dikutip Selasa (11/6), mengemukakan bahwa jemaah haji bisa mengalami masalah kesehatan kaki apabila tidak memakai alas kaki dalam waktu lama saat cuaca panas.

"Inilah yang sering membahayakan, adanya selulitis pada jemaah kita," kata Syarief merujuk pada infeksi bakteri pada kulit.

Baca juga : Jemaah Haji Penderita Diabetes Diingatkan Perhatikan Kondisi Kaki

Dia juga menyampaikan, di antara anggota jemaah haji kadang ada yang kurang memperhatikan kondisi kaki saat menunaikan ibadah di Arab Saudi, yang cuacanya sedang panas.

"Di sana itu panas sekali. Kadang-kadang kalau kita tempelkan telapak kaki di halaman hotel saja, itu sudah panas. Kalau orang tua, kepekaannya kurang, dia akan jalan terus, luka saja tidak terasa,"  ujar Syarief.

Akibatnya, anjutnya, anggota jemaah yang suka bertelanjang kaki baru datang ke klinik setelah telapak kakinya berdarah atau terinfeksi.

Baca juga : Jemaah Haji Wajib Patuhi dan tidak Melanggar Larangan Ihram

Syarief menyarankan jemaah haji selama berada di Tanah Suci mengenakan alas kaki dengan ukuran yang sesuai dan nyaman digunakan untuk berkegiatan.

"Paling tidak yang mudah untuk dibuka-tutup, karena kena air mereka harus berwudhu dan aman. Jangan gunakan sandal jepit agar tidak lecet. Pakailah selop, atau katakanlah sepatu sandal yang tepat," katanya.

Jemaah Indonesia yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 meliputi sekitar 241 ribu orang dan sebagian di antaranya sudah berusia lanjut. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat