visitaaponce.com

Terapkan Budaya Literasi, Sekolah Sukma Bangsa Sigi Lulus Nominasi Perpustakaan Terbaik 2024

Terapkan Budaya Literasi, Sekolah Sukma Bangsa Sigi Lulus Nominasi Perpustakaan Terbaik 2024
Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi menjadi Nominasi Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tahun 2024 oleh Perpusnas.(Dok Sekolah Sukma Bangsa Sigi)

PERPUSTAKAAN Sekolah Sukma Bangsa Sigi berhasil menjuarai lomba Perpustakaan tingkat SMA/SMK/MA se-Sulawesi Tengah Tahun 2024, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pustaka) Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kami sangat mengapresiasi prestasi yang baik ini. Sangat bagus dan luar biasa sebagai sekolah baru. Tinggal dibenahi beberapa hal lagi," kata Kepala Dinas Pustaka Sulteng, I Nyoman Sriadijaya, Sabtu (30/6).

Sebagai perpustakaan yang baru berdiri diusia belum sampai tiga tahun, keberhasilan menjadi juara bagi Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi merupakan prestasi yang sangat baik, setelah perpustakaan tersebut usai mengikuti proses akreditasi.

Baca juga : Perpusnas Beri Penghargaan kepada 22 Individu/Institusi

Dalam ajang lomba perpustakaan yang diikuti sekolah tingkat atas di Sulteng, berdasarkan beberapa kriteria yang sudah ditentukan, salah 
satunya ruang khusus bagi perpustakaan sekolah, Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa menjadi juara pertama yang ditetapkan oleh tim penilai.

Sementara untuk juara kedua adalah Perpustakaan SMA Negeri 1 Bulagi di Salakan, Banggai Kepulauan. Sedangkan juara ketiga diraih Perpustakaan SMA Negeri 1 di Kota Palu. Dan peringkat empat hingga enam, berturut-turut masing-masing diberikan kepada Perpustakaan SMA Negeri 1 Biau di Buol, SMA Negeri 3 Poso, dan SMK Negeri 1 Tolitoli.

Tidak hanya menjadi juara pertama, Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi bahkan ditetapkan sebagai Nominasi Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tahun 2024 oleh Perpustakaan Nasional RI.

Baca juga : Inovatif dan Kreatif, Kapasitas Pustakawan dalam Pelayanan Perpustakaan

Berdasarkan surat dengan nomor B.3502/4/PPM.00.02/VI.2024 dan merujuk pada hasil pengamatan dan penilaian tim juri tingkat nasional, 
Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi, di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dinyatakan LULUS dalam nominasi enam besar pada Klaster III Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tingkat Nasional tahun 2024.

Adapun tahap selanjutnya adalah visitasi tim juri tingkat nasional yang dijadwalkan pada Rabu 17 Juli hingga Jumat 19 Juli 2024 mendatang, untuk melakukan peninjauan dan penilaian langsung di lapangan terkait kondisi dan situasi berdasarkan berkas dan bukti dukung yang telah dikirimkan ke tingkat nasional.

"Alhamdulillah kami bahagia dan merasa sangat senang dengan pencapaian ini. Semoga ini menjadi motivasi besar bagi anak-anak untuk terus mengasah kemampuan menulis dan kegemaran terhadap budaya membaca," ujar Kepala Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi, Dadan Darusman.

Ia berharap mendapat dukungan penuh dari pihak  Yayasan yang menaungi Sekolah Sukma Bangsa Sigi, untuk melakukan perbaikan dan pembenahan terhadap kekurangan yang masih dimiliki Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi.

"Semoga ke depannya kami lebih baik lagi dan bisa menghasilkan prestasi yang semakin membanggakan untuk Kabupaten Sigi dan Sulawesi Tengah," harap Dadan Darusman. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat