visitaaponce.com

UI Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional The Digital Universitas Asia 2024

UI Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional The Digital Universitas Asia 2024
Konferensi Internasional The Digital Universites Asia 2024(MI/Arnoldus Dhae)

UNIVERSITAS Indonesia (UI) menjadi tuan rumah dari Konferensi Internasional The Digital Universites Asia 2024, bertempat di Nusa Dua Bali, Selasa (2/7/2024). Konferensi tersebut mengambil tema "Inclusive Education for The Digital Age" dan dihadiri oleh para dosen dari berbagai kampus di Indonesia dan Asia, para pemangku kepentingan lainnya di Indonesia.

Tampil sebagai pembicara antara lain, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Prof. Rer nat Abdul Haris, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, Staf Ahli Menkominfo Wijaya Kusumawardana, dan President Asia Pacific Accreditation and Cooperation (APAC) THE, Simone Dilena.

Konferensi ini akan menjadi ajang berharga bagi para pemimpin perguruan tinggi, pelaku industri, dan inovator serta start up dari berbagai negara Asia untuk saling berbagi pengetahuan serta membahas strategi terbaik dalam menghadapi tantangan transformasi digital.

Baca juga : UI Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional The Digital Universitas Asia 2024

Dirjen Ristekdikti Prof. Rer Nat Abdul Haris mengatakan, konferensi ini menjadi event pengembangan digital education terutama di Indonesia.

"Ini menjadi event yang sangat baik untuk pengembangan education di bidang digital. Event ini juga sebagai kerja sama di bidang education untuk mencapai high education," ujarnya.

Ia menegaskan, digital education ini sangat penting bagi Indonesia karena saat ini Indonesia mengolah banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dengan jumlah mahasiswa yang sangat besar yakni lebih dari 10 juta seluruh Indonesia dan lebih dari 4 ribu kampus atau perguruan tinggi.

Baca juga : Pemerintah Perlu Ambil Peran untuk Ciptakan Keluarga yang Positif

Dalam konteks Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, maka digitalisasi dalam penyelenggaraan perguruan tinggi sangat penting.

Topografi wilayah Indonesia yang sulit dijangkau ini harus diatasi dengan digitalisasi pendidikan sangat dibutuhkan. Tidak ada kampus yang tertinggal, tidak ada anak bangsa yang mengenyam pendidikan yang tertinggal dengan alasan apa pun. Untuk itu sangat dibutuhkan digitalisasi pendidikan dengan teknologi yang tinggi pula.

Masalah akses pendidikan juga terus menjadi tantangan yang besar karena wilayah Indonesia yang tidak mudah dijangkau. Solusinya adalah digitalisasi pendidikan dengan teknologi yang tinggi. Saat ini hanya 40% siswa SMA, SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Baca juga : 9 Tahun Berlalu, Polisi Masih Cari Alat Bukti Kasus Kematian Akseyna

Faktor yang paling dominan adalah akses pendidikan. Sebab ada keterbatasan infrastruktur dan keterbatasan locus perguruan tinggi. Solusi terbaik adalah digitalisasi pendidikan tinggi.

Sementara Staf Ahli Menkominfo R Wijaya Kusumawardana mengatakan, ada tiga tantangan pendidikan tinggi di Indonesia yang berhubungan dengan digitalisasi pendidikan yakni aksesibilitas, personalist, dan engagement atau keterkaitan dengan dunia kerja. Digitalisasi pendidikan sendiri akan membuka peluang pada market, kebutuhan pasar. "Salah satunya adalah digital education ini, harus menjadi pasar digital baru di Indonesia," ujarnya.

Kominfo akan sangat mendukung digitalisasi pendidikan tinggi di Indonesia yang saat ini dilakukan oleh Kemenristek Dikti agar pendidikan tinggi di Indonesia itu berkualitas, dan menguasai pasar kerja.

Saat ini Kominfo terus melakukan pembangunan sambungan infrastruktur internet atau akses internet bagi masyarakat umum. Saat ini baru mencapai kurang dari 80% wilayah Indonesia yang memiliki akses internet. Pembangunan BTS terus dilakukan, pemanfaatan satelit dan kabel optik terus didorong agar seluruh wilayah Indonesia sampai ke pulau terluar dan terpencil bisa mengakses internet.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat