visitaaponce.com

Ada 300 Juta Planet yang Berpotensi Dapat Dihuni

Ada 300 Juta Planet yang Berpotensi Dapat Dihuni
Ada 300 juta planet yang berpotensi dapat dihuni(AFP)

GALAKSI kita dipenuhi dengan planet yang berpotensi dapat dihuni, setidaknya 300 juta di antaranya, menurut NASA.

Teleskop angkasa luar Kepler milik Badan Antariksa AS menghabiskan sembilan tahun dalam misi berburu planet, berhasil mengidentifikasi ribuan exoplanet di galaksi kita sebelum kehabisan bahan bakar pada 2018.

Ilmuwan di seluruh dunia meneliti data Kepler selama bertahun-tahun dan mereka pikir telah menemukan jawabannya. Menurut penelitian yang dirilis di The Astronomical Journal, ada sekitar 300 juta dunia berpotensi dihuni di galaksi kita, yang berarti planet berbatu yang mampu mendukung air cair di permukaannya.

Angka itu merupakan perkiraan kasar di sisi konservatif dan mungkin ada lebih banyak lagi, kata NASA dalam rilis berita.

Beberapa dari planet ini mungkin cukup dekat untuk dianggap sebagai ‘tetangga antarbintang’, yang terdekat berjarak sekitar 20 tahun cahaya.

“Kepler sudah memberi tahu kami bahwa ada miliaran planet, tapi sekarang kami tahu sebagian besar planet itu mungkin berbatu dan dapat dihuni,” kata peneliti NASA dan penulis utama Steve Bryson dalam rilisnya.

“Meskipun hasil ini jauh dari nilai akhir dan air di permukaan planet hanyalah salah satu dari banyak faktor yang mendukung kehidupan, sangat menarik bahwa kami menghitung bahwa dunia ini adalah umum dengan keyakinan dan presisi yang tinggi.”

Studi tersebut merupakan kolaborasi global antara ilmuwan NASA yang mengerjakan misi Kepler dan peneliti dari lembaga internasional, dari Brasil hingga Denmark.

Mereka mencari bintang yang umur dan suhunya mirip dengan matahari kita, jadi tidak akan terlalu panas atau aktif. Mereka juga mencari
exoplanet dengan radius yang mirip dengan bumi dan memilih exoplanet yang kemungkinan besar berbatu.

Mereka juga mempertimbangkan jarak setiap planet dari bintangnya--terlalu dekat dan panas dapat menguapkan air, terlalu jauh dan air dapat membeku.

Planet yang layak huni harus berada di zona tepat atau yang disebut zona Goldilocks untuk mendukung air cair di permukaannya. (CNN/I-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Msyaifullah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat