visitaaponce.com

Ratu Denmark Cabut Gelar Bangsawan Empat Cucunya

Ratu Denmark Cabut Gelar Bangsawan Empat Cucunya
Ratu Denmark Margrethe(AFP/Martin Sylvest / Ritzau Scanpix)

RATU Denmark Margrethe, satu-satunya ratu yang berkuasa di Eropa, pekan lalu, mencabut gelar bangsawan empat dari delapan cucunya.

Alasan pencabutan itu adalah agar empat cucu yang berasal dari putra bungsunya, Pangeran Joachim, bisa hidup secara normal.

Langkah Ratu Margrethe itu mengikuti langkah keluarga kerajaan lain di Eropa.

Baca juga : Raja Frederik X Naik Takhta, Era Baru di Denmark Dimulai

"Per 1 Januari 2023, keturunan dari Pangeran Joachim hanya bisa menggunakan gelar Count dan Countess of Monpezat. Gelar mereka sebagai Pangeran dan Putri Denmark tidak ada lagi," ungkap Kerajaan Denmark dalam sebuah pernyataan resmi.

Pangeran Joachim, 53, memiliki empat anak dari dua pernikahan yaitu Nikolai, Felix, Henrik, dan Athena, yang berusia antara 23 tahun dan 10 tahun.

"Dengan keputusan ini, Yang Mulia Ratu ingin memberi kesempatan kepada keempat cucunya mendapatkan peluang yang lebih besar untuk menjadi yang mereka mau tanpa dibatasi oleh kewajiban sebagai anggota keluarga kerajaan," kata Kerajaan Denmark.

Baca juga : Ratu Terlama di Eropa Umumkan Turun Tahta

"Keputusan Ratu itu sejalan dengan perubahan yang dilakukan keluarga kerajaan lain selama beberapa tahun terakhir.

Ibunda dua anak tertua Pangeran Joachim, Countess Alexandra, mengaku terkejut dengan keputusan ratu iyu.

"Keputusan ini sangat tiba-tiba. Anak-anak saya merasa diasingkan. Mereka tidak mengerti mengapa identitas mereka direbut begitu saja," ujarnya dalam wawancara dengan harian BT.

Adapun empat cucu ratu lainnya, putra dari Putra Mahkota Pangeran Frederik, akan tetap mempertahankan gelar mereka namun hanya pewaris tahta pangeran Christian yang akan mendapatkan posisi di kerajaan. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat