visitaaponce.com

Raja Frederik X Naik Takhta, Era Baru di Denmark Dimulai

Raja Frederik X Naik Takhta, Era Baru di Denmark Dimulai
Raja Frederik X Denmark secara resmi mengambil alih takhta setelah turun tahtanya Ratu Margrethe, memulai babak baru dalam sejarah Denmark. (AFP)

RAJA Frederik X Denmark resmi naik takhta pada hari Minggu, membuka babak baru setelah ibunya, Ratu Margrethe, turun tahta. Lebih dari 100.000 warga Denmark turut serta dalam peristiwa bersejarah ini.

Setelah sebuah prosesi kereta kuda terakhir melalui jalan-jalan Kopenhagen, ratu yang sangat populer berusia 83 tahun itu menandatangani deklarasi turun tahta di Istana Christiansborg. Ini mengakhiri masa pemerintahannya yang berlangsung selama 52 tahun dan secara otomatis menetapkan putranya sebagai raja.

Di hadapan ribuan warga yang tahan dinginnya musim dingin dan melambaikan bendera merah-putih, Perdana Menteri Mette Frederiksen kemudian mengumumkan Raja Frederik yang berusia 55 tahun sebagai raja baru dari balkon Istana Christiansborg, tempat parlemen dan pemerintahan berkumpul.

Baca juga: Ratu Terlama di Eropa Umumkan Turun Tahta

Frederik, yang mengenakan seragam admiral mewah dengan epaulet emas dan selempang biru, tersenyum dan melambaikan tangan kepada kerumunan yang diperkirakan mencapai lebih dari 100.000 orang oleh media.

Seperti ibunya, Frederik sangat populer dan mendapat dukungan lebih dari 80% warga Denmark. "Saya berharap menjadi raja penyatuan untuk masa depan. Ini adalah tanggung jawab yang saya emban dengan penuh hormat, kebanggaan, dan kebahagiaan," kata Frederik, beberapa kali menyentuh dadanya sebagai tanda terima kasih atas dukungan dari kerumunan.

Baca juga: Raksasa Pelayaran Maersk Hentikan Operasi di Laut Merah

Ia kemudian bergabung di balkon bersama istri Australia-nya, Mary, yang mengenakan gaun putih dengan rambut gelapnya diikat rapi, serta keempat anak remaja mereka. Mary merupakan wanita biasa pertama yang menjadi ratu di Denmark.

Bendera kerajaan kemudian dikibarkan di kediaman pasangan ini di Istana Amalienborg.

Sejalan dengan tradisi Denmark, tidak ada tamu kenegaraan atau kerajaan asing yang diundang, dan tidak ada upacara penobatan. Raja Charles Britania, Raja Swedia Carl XVI Gustaf, dan Presiden AS Joe Biden mengirimkan ucapan selamat mereka melalui media sosial.

Ratu Margrethe tetap memegang gelarnya, dan ini merupakan kali kedua dalam sejarah Denmark seorang penguasa turun tahta.

Keputusan Ratu Margrethe untuk turun tahta, yang diumumkan dalam pidato tahun baru televisi, mengejutkan banyak pihak. Ia mengaitkan keputusannya dengan masalah kesehatan setelah menjalani operasi punggung besar tahun lalu.

Analis menyebut bahwa langkah ini memberi kesempatan pada Frederik untuk mengembangkan perannya sebagai raja. Ia diperkirakan akan membawa gaya yang lebih informal dan berfokus pada isu-isu lingkungan.

Di Denmark, peran monarki cenderung bersifat seremonial, tetapi penguasa memiliki peran formal dalam menandatangani legislasi, memimpin pembentukan pemerintahan, dan secara rutin bertemu dengan kabinet. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat