visitaaponce.com

Alasan Kesehatan, Hu Jintao Diusir dari Kongres Partai Komunis Tiongkok

Alasan Kesehatan, Hu Jintao Diusir dari Kongres Partai Komunis Tiongkok
Presiden Tiongkok Xi Jinping duduk berdampingan dengan PM Li Keqiang (kiri) saat mantan Presiden Hu Jintao digiring keluar Kongres PKC.(AFP/Noel Celis)

MANTAN Presiden Tiongkok, Hu Jintao digiring meninggalkan penutupan Kongres Partai Komunis Tiongkok (PKC), pada Sabtu (22/10). Alasannya, kesehatan Hu menurun sehingga harus segera mendapatkan perawatan medis.

"Ketika dia merasa tidak sehat selama sesi, stafnya, demi kesehatannya, menemaninya ke sebuah ruangan di sebelah tempat pertemuan untuk beristirahat. Sekarang, dia jauh lebih baik," ungkap laporan media Tiongkok Xinhua.

Hu sedang tidak sehat sehingga harus dibawa keluar dari kongres. Itu setelah Hu bersikeras menghadiri upacara penutupan Kongres PKC.

Saat acara berlangsung, Hu duduk di sebelah Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Tak lama kemudian, dua orang mulai mendekatinya dan membawanya keluar ruangan acara tersebut.


Baca juga: Xi Jinping Siapkan Diri untuk Periode Ketiga Pimpin Tiongkok


Hu berhenti sejenak sebelum digiring keluar ruangan dan memberi isyarat pada Xi. Hu juga menepuk bahu Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang.

Xi dan Li sama-sama merespons dengan memberikan anggukan. Hu kini berusia 79 tahun yang dalam beberapa tahun terakhir kesehatannya semakin melemah.

Sebagaimana diberitakan, Kongres PKC ke-20 telah usai digelar. Kongres menghasilkan sejumlah kesepakatan seperti mendukung Presiden Tiongkok sekaligus Sekretaris Jenderal PKC, Xi Jinping, untuk tetap menempati posisi inti.

Kongres juga menyepakati untuk mengamendemen piagam yang berisi penolakan Taiwan terpisah dan memerdekakan diri. (AFP/OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat