visitaaponce.com

Diharapkan Indonesia Raih Kepercayaan Urologi Dunia dari Kongres Asia di Bali

Diharapkan Indonesia Raih Kepercayaan Urologi Dunia dari Kongres Asia di Bali
Ilustrasi(Dok.Freepik)

KONGRES Urological Association of Asia (UAA) akan kembali diadakan di Indonesia pada 3-8 September 2024 mendatang. President Elect UAA dan Chairman Local Organizing Committee dr. Ponco Birowo menyebut persiapan kongres se-Asia tersebut sudah capai 80%.

"Kalau persiapan sendiri, kita ada 265 pembicara dari luar negeri seluruh dunia yang sudah bersedia untuk datang ke Indonesia. Kalau persiapannya sekitar 80% untuk tempatnya segala macam pembicara yang sedang kita lakukan mengundang sebanyak mungkin peserta untuk datang," kata dr Ponco, Rabu (19/6).

Kongres yang merupakan puncak pertemuan urologi di Asia ini akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan diperkirakan 5.000 ahli urologi dari 60 negara, terutama di Asia akan mengikutinya.

Baca juga : Shure Perkenalkan Movemic: Mikrofon Lavalier Nirkabel Direct-to-Phone Dual Channel

"Ini masih ada waktu 3 bulan, biasanya itu peserta akan daftar di 1 bulan terakhir jadi diharapkan dari sekitar 5 ribu akan datang ke Indonesia," ucapnya.

UAA dan Indonesian Urological Association (InaUA) bertindak sebagai tuan rumah kongres. Salah satu yang menjadi sorotan adalah pemaparan kemajuan teknologi telerobotic surgery yang paling mutakhir, yang kini sedang ingin dikembangkan di Indonesia.

Metode telerobotic surgery atau bedah jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi robotik dan jaringan nirkabel, memungkinkan dokter bedah untuk melakukan tindakan operasi terhadap pasien secara jarak jauh dan real-time.

Telerobotic surgery menguntungkan bagi dokter maupun pasien, karena teknologi ini memampukan dokter-dokter spesialis, salah satunya di bidang urologi, untuk menjangkau wilayah-wilayah terpelosok sehingga kualitas pelayanan RS pun jadi merata. Sehingga ke depannya, sesuai dengan tujuan UAA, teknologi ini nantinya akan mampu meningkatkan pelayanan bagi pasien penyakit urologi khususnya di wilayah Asia.

"Harapannya Indonesia mendapat kepercayaan yang lebih di bidang urologi dunia karena dengan kita melaksanakan acara Kongres ini, artinya banyak pembicaraan di Indonesia, ada pelatih atau pelatih atau instruktur dari Indonesia Jadi kita akan lebih dikenal di negara luar bahwa Indonesia juga cukup maju untuk bidang urologi," pungkasnya. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat