visitaaponce.com

Indonesia Komitmen Terus Dukung Palestina

Indonesia Komitmen Terus Dukung Palestina
Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut kedatangan Perdana Menteri Palestina Mohammad IM Shtayyeh(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

PERTEMUAN bilateral antara Indonesia dan Palestina yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Mohammad Shtayyeh melahirkan sejumlah komitmen kerja sama baru.

Salah satu di antaranya adalah bantuan kemanusiaan berupa hibah yang datang tidak hanya dari pemerintah tetapi juga masyarakat di Tanah Air.

"Indonesia sudah dalam proses penyaluran bantuan kepada Palestina melalui ICRC. Dari masyarakat sipil, ada MUI yang tengah memproses pembangunan rumah sakit di Hebron, Palestina," ujar Jokowi dalam pernyataan bersama selepas pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10).

Kerja sama lain yang juga disepakati dalam pertemuan adalah terkait penguatan kapasitas. Pemerintah berkomitmen membantu membangun sumber daya manusia Palestina dalam rangka mempersiapkan diri mencapai kemerdekaan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia sudah memberikan pelatihan di sejumlah bidang kepada lebih dari 2.000 warga Palestina.

Baca juga: Jokowi Terima Kunjungan PM Palestina 

"Hari ini ditandatangani lagi MoU pembangunan kapasitas untuk mendukung pendirian otoritas obat dan makanan independen di Palestina," tutur Jokowi.

"Ke depan, bantuan pengembangan kapasitas akan terus kita lakukan antara lain sektor UMKM, e-commerce dan penanganan bencana."

Dalam kesempatan yang sama, PM Mohammad Shtayyeh menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan seluruh masyarakat Indonesia atas bantuan yang diberikan selama ini.

Terkait perjanjian kerja sama antara kedua negara, ia mengaku tidak melihat dari sisi materi. Yang terpenting, menurutnya, adalah kehadiran dan dukungan Indonesia yang tidak hanya sekadar kata-kata tetapi aksi nyata.

"Saya tidak melihat itu semua dari sisi materi. Ini menunjukkkan betapa besar dukungan nyata bagi Palestina," ucap Shtayyeh.

"Kami menyatakan terima kasih setinggi-tingginya atas dukungan Indonesia yang tidak terbatas dan tidak pernah berhenti agar Palestina meraih kemerdekaan dan mendapatkan keanggotaan penuh di PBB." (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat