visitaaponce.com

FBI Kembali Temukan Dokumen Rahasia di Kediaman Mike Pence

FBI Kembali Temukan Dokumen Rahasia di Kediaman Mike Pence
Mantan Wakil Presiden AS Mike Pence(AFP/Ryan M. Kelly)

FBI, Jumat (10/2), kembali menemukan dokumen rahasia di kediaman mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence, dua pekan setelah politisi Partai Republik itu mengakui ada sejumlah kecil dokumen negara di rumahnya.

Juru bicara Pence, Devin O'Malley, dalam pernyataan kepada media massa, mengatakan FBI menemukan dokumen itu setelah melakukan pencarian secara menyeluruh dan bebas selama lima jam atas izin Pence.

"Mereka menemukan satu dokumen yang bertuliskan rahasia dan enam dokumen lainnya," ungkap O'Malley.

Baca juga: AS sebut China Terbangkan Balon Mata-mata ke 40 Negara di 5 Benua

Pencarian itu dilakukan FBI setelah Pence, yang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden AS pada 2024, bulan lalu, melaporkan bahwa seorang ajudannya menemukan dokumen rahasia, yang diduga terbawa saat dia meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2021.

Penemuan itu terjadi setelah FBI melakukan pemeriksaan di kediaman Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden AS Donald Trump dan menemukan sejumlah dokumen rahasia.

Mantan pejabat AS berkewajiban menyerahkan semua dokumen resmi saat mereka menjabat kepada Arsip Nasional.

Skandal terkait dokumen rahasia itu berawal ketika agen FBI merazia kediaman Trump, Mar'a-Lago di Florida, Agustus lalu, dan menemukan sejumlah besar dokumen rahasia setelah pengusaha real estat itu mengaku tidak ada dokumen rahasia di kediamannya.

Razia itu digelar FBI setelah Trump mengabaikan permintaan Arsip Nasional untuk mengembalikan dokumen-dokumen yang dibawanya dari Gedung Putih.

Trump tengah diselidiki oleh jaksa Departemen Kehakiman karena secara ilegal mengambil dan menyimpan dokumen rahasia serta menghalangi upaya FBI untuk menyita dokumen-dokumen itu. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat