visitaaponce.com

Humza Jadi Muslim Pertama Jabat PM Skotlandia

Humza Jadi Muslim Pertama Jabat PM Skotlandia
Humza Yousaf (C) berfoto dengan ibunya Shaaista dan ayahnya Muzaffar, 24 Februari 2023(ANDY BUCHANAN / AFP)

HUMZA Yousaf akan menjadi pemimpin muslim pertama di Inggris Raya. Dia akan menahkodai Partai Nasional Skotlandia (SNP) bersamaan dengan tuntutan kemerdekaan negaranya dari Inggris.

Yousaf akan menggantikan Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon, di usia 37 tahun. Pria kelahiran Glasgow mengambil sumpahnya dalam bahasa Inggris dan Urdu ketika dia pertama kali terpilih menjadi anggota Parlemen Skotlandia pada 2011.

Setelah itu dia mencatatkan sejarah sebagai Muslim pertama yang bertugas di kabinet pemerintahan Skotlandia. Dia telah dipuji oleh para pendukungnya sebagai komunikator yang dapat mempersatukan SNP dan kemerdekaan untuk Skotlandia.

Baca juga: Raja Charles III Pimpin Prosesi untuk Ratu Elizabeth II di Skotlandia

Terlepas dari penentangan pemerintah Inggris terhadap referendum baru, Yousaf bersumpah dalam pidato kemenangannya pada Senin (27/3), untuk memberikan kemerdekaan pada generasinya dan rakyat Skotlandia .

"Kita semua harus bangga dengan fakta bahwa hari ini kami telah mengirimkan pesan yang jelas bahwa warna kulit Anda atau bahkan keyakinan Anda bukanlah penghalang untuk memimpin negara yang kita sebut rumah ini," kata Yousaf.

Baca juga: Kebun Binatang di Skotlandia Berencana Pulangkan Sepasang Panda Raksasa ke Tiongkok

Dia juga bersumpah untuk menjadikan dirinya sendiri sebagai menteri pertama Skotlandia. Pada saat yang sama, ia menjanjikan gaya kepemimpinan yang lebih kolegial.

"Milik saya akan menjadi lingkaran dalam yang lebih sedikit dan tenda yang lebih besar," katanya.

Yousaf lahir dari pasangan dengan ayah asal Pakistan yang sukses di Glasgow sebagai seorang akuntan dan dari Kenya. Yousaf bersekolah di sekolah swasta eksklusif di Glasgow, dua tahun di belakang pemimpin Partai Buruh Skotlandia Anas Sarwar.

Dia belajar politik di Universitas Glasgow, dan bekerja di call center sebelum menjadi asisten pendahulu Sturgeon sebagai pemimpin SNP dan menteri pertama, Alex Salmond. Yousaf memasuki kabinet Skotlandia pada 2012 atau setelah menikah dengan mantan pekerja SNP Gail Lythgoe pada 2010.

Tetapi keduanya bercerai tujuh tahun kemudian. Pada 2021 dia dan istri keduanya Nadia El-Nakla mengajukan tuntutan hukum terhadap sebuah panti asuhan, karena ditolak masuk untuk menjenguk putrinya. (AFP/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat