visitaaponce.com

PM Inggris Desak Israel Tahan Diri dan Lindungi Warga Palestina

PM Inggris Desak Israel Tahan Diri dan Lindungi Warga Palestina
Seorang pria Palestina berdebat dengan seorang tentara Israel di pusat Hebron di Tepi Barat yang diduduki pada 4 Juli 2023.(AFP/Mosab Shawer.)

PERDANA Menteri Inggris Rishi Sunak pada Selasa (4/7) mendesak Israel untuk melindungi warga sipil Palestina saat angkatan bersenjata negara itu melakukan operasi terbesar mereka dalam beberapa tahun di Tepi Barat yang diduduki.

Sunak menegaskan kembali dukungan Inggris untuk hak Israel membela diri dan mengutuk 'serangan teroris' Palestina. Saat ini dia dikritik oleh anggota parlemen tentang berbagai masalah.

Namun dia juga mengatakan, "Kami akan mengatakan perlindungan warga sipil harus diprioritaskan dalam setiap operasi militer. Kami mendesak IDF untuk menunjukkan pengekangan dalam operasinya dan untuk semua pihak menghindari eskalasi lebih lanjut baik di Tepi Barat maupun Gaza sekarang dan di hari-hari mendatang."

Baca juga: Mobil Tabrak Warga Israel, Tujuh Terluka dan Sopir Ditembak Mati

Sunak mengatakan Inggris juga meminta Israel untuk mematuhi prinsip-prinsip kebutuhan dan proporsionalitas ketika mempertahankan kepentingan keamanan mereka yang sah.

Serangan menabrakkan mobil dan menikam di Tel Aviv melukai tujuh orang, Selasa, sebelum tersangka penyerang ditembak mati, pada hari kedua operasi Israel yang menargetkan kamp Jenin di Tepi Barat.

Baca juga: Serangan Besar Israel Hari Kedua Tewaskan 10 Orang di Tepi Barat

Kelompok militan Palestina Hamas memuji serangan heroik di Tel Aviv setelah pasukan Israel pada Senin menewaskan 10 orang dalam operasi kontraterorisme yang memaksa ribuan orang melarikan diri. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat