visitaaponce.com

Gempa 5,4 SR Guncang Tiongkok, Puluhan Orang Terluka dan Sejumlah Bangunan Runtuh

Gempa 5,4 SR Guncang Tiongkok, Puluhan Orang Terluka dan Sejumlah Bangunan Runtuh
Bangunan yang runtuh akibat gempa di Desa Pingyuan, Dezhou city, Provinsi Shandong, Tiongkok(AFP)

Gempa dangkal berkekuatan 5,4 melanda Tiongkok timur pada Minggu dini hari. Survei Geologi AS (USGS) serta media pemerintah melaporkan sedikitnya 21 orang terluka dan puluhan bangunan runtuh.

Menurut USGS gempa tersebut, yang terjadi pada pukul 02:33 (1833 GMT Sabtu), terjadi di 26 kilometer (16 mil) selatan kota Dezhou di Provinsi Shandong, pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa itu adalah yang terkuat yang melanda provinsi tersebut dalam lebih dari satu dekade, kata tabloid milik pemerintah Global Times.

Gempa dirasakan hingga Beijing dan Tianjin, serta di Shanghai, sekitar 800 kilometer (500 mil) dari pusat gempa.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan lampu dan lantai bergetar. Orang-orang berlarian keluar rumah. "Gempanya sangat kuat.  Saya pikir saya mengalami mimpi buruk," ujar seorang netizen memposting di platform media sosial Weibo, dari provinsi tetangga Shandong, Hebei.

Sistem USGS, yang memberikan penilaian awal tentang dampak gempa bumi, mengeluarkan peringatan merah, memperkirakan kerusakan yang luas dan kemungkinan beberapa korban jiwa berdasarkan data gempa sebelumnya.

Mengutip pihak berwenang Shandong, stasiun penyiaran negara CCTV mengatakan setidaknya ada 21 orang terluka dan 126 rumah atau bangunan lain runtuh"akibat gempa, yang diikuti oleh 52 gempa susulan.

Koresponden AFP melihat dinding retak dan batu bata berserakan di tanah dekat pusat gempa di pedesaan Shandong dan daerah Pingyuan yang jarang penduduknya, tetapi kerusakan tampaknya relatif kecil.

Penduduk setempat membantu operasi pembersihan di satu desa. Deng Hongqiang, 55, yang tinggal di luar desa tetapi kembali untuk menopang tembok di propertinya yang tidak berpenghuni, mengatakan kepada AFP bahwa dia tersentak bangun karena gempa.

"Pada saat itu, yang saya tahu hanyalah tanah berguncang...jadi saya keluar.:” katanya. Menurut dia tidak ada cara lain untuk memperbaiki rumah lamanya di daerah itu kecuali meratakan dan membangunnya kembali.

Kementerian Manajemen Darurat Tiongkok telah menetapkan tanggap darurat tingkat empat dan mengirim tim ke Provinsi Shandong untuk misi penyelamatan.

Rekaman dari CCTV menunjukkan petugas penyelamat berseragam merah berbaris melewati tenda P3K yang telah didirikan di lapangan atletik sekolah yang dikelilingi oleh bangunan yang tampaknya tidak terlampau rusak. (M-3)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat