visitaaponce.com

Susul Saudi, Djibouti Pulihkan Hubungan dengan Iran

Susul Saudi, Djibouti Pulihkan Hubungan dengan Iran
Hossein Amir-Abdollahian.(AFP/Atta Kenare.)

IRAN pada Jumat (22/9/2023) mengumumkan pemulihan hubungan diplomatik dengan Djibouti. Ini setelah lebih dari tujuh tahun Djibouti bergabung dengan negara-negara regional lain dalam memutuskan hubungan dengan Teheran demi mendukung Arab Saudi.

Keputusan negara strategis Tanduk Afrika itu terjadi beberapa bulan setelah Iran yang didominasi Syiah dan Arab Saudi yang mayoritas Sunni melanjutkan hubungan berdasarkan kesepakatan yang ditengahi Tiongkok pada Maret. "Hari ini, Iran dan Djibouti mengumumkan dimulainya kembali hubungan diplomatik melalui pernyataan resmi," kata Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dalam postingan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Langkah tersebut menyusul pertemuan Amir-Abdollahian dengan rekannya dari Djibouti Mahamoud Ali Youssouf di New York di sela-sela Majelis Umum PBB. Djibouti memutuskan hubungan dengan Teheran pada Januari 2016 setelah serangan terhadap misi Saudi selama protes atas eksekusi ulama Syiah terkemuka Nimr al-Nimr di Riyadh. 

Baca juga: Panglima Pasukan Quds Iran di Suriah Awasi Latihan Gabungan

Sekutu Saudi lain, termasuk Bahrain, juga memutuskan hubungan sebagai bentuk solidaritas, setelah Riyadh memutuskan hubungan dengan Iran. Menyusul kesepakatan penting dengan kerajaan Saudi, Iran berupaya memperkuat atau memulihkan hubungan dengan negara-negara tetangga Arab.

Djibouti, pelabuhan strategis di Teluk Aden, terletak di salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia dan menampung pangkalan militer dari Tiongkok, Prancis, dan Amerika Serikat. Negara kecil ini terletak di muara Laut Merah, tepat di seberang Yaman, tempat koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi pada Maret 2015 untuk mendukung pemerintah yang diakui secara internasional melawan pemberontak Huthi yang didukung Iran setelah menguasai ibu kota Sanaa.

Baca juga: Saudi dan Israel semakin Mesra, Iran Ingatkan tentang Palestina

Kamis malam, Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan Iran dan Djibouti juga sepakat untuk mengembangkan lebih lanjut hubungan persahabatan dan memperkuat kerja sama di berbagai bidang. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat