visitaaponce.com

Ingin Menang Undian lewat Lempar Koin Ini Rahasianya

Ingin Menang Undian lewat Lempar Koin? Ini Rahasianya
Ilustrasi.(AFP.)

INGIN mendapat sedikit keunggulan saat mengundi dengan koin? Periksa sisi yang menghadap ke atas sebelum koin dilempar, lalu sebutkan sisi yang sama.

Taktik itu akan memenangkan 50,8%. Ini menurut peneliti yang melakukan 350.757 pelemparan koin.

Untuk studi pracetak, yang dipublikasikan di database arXiv minggu lalu dan belum ditinjau oleh rekan sejawat, 48 orang melemparkan koin dari 46 mata uang berbeda. Mereka diminta untuk melempar koin dengan ibu jari dan menangkapnya dengan tangan. Soalnya, jika koin jatuh pada permukaan datar dapat menimbulkan faktor lain seperti memantul atau berputar.

Baca juga: Panas Ekstrem Dua Tahun Cairkan 10% Volume Gletser Swiss

Frantisek Bartos, dari Universitas Amsterdam di Belanda, mengatakan kepada AFP bahwa karya tersebut terinspirasi oleh penelitian pada 2007 yang dipimpin oleh ahli matematika Universitas Stanford, Persi Diaconis, yang juga mantan pesulap. "Model Diaconis mengusulkan bahwa ada goyangan dan sedikit kemiringan sumbu yang terjadi ketika manusia melempar koin dengan ibu jarinya," kata Bartos.

Karena bias itu, mereka mengusulkan bahwa benda itu akan mendarat dengan sisi menghadap ke atas ketika dilempar sebanyak 51%. Ini hampir sama dengan angka yang dihasilkan oleh penelitian Bartos.

Baca juga: Pembuat Ban Raih Penghargaan karena Menekan Polusi Mobil Listrik

Meskipun angka itu mungkin tidak tampak seperti keuntungan yang signifikan, Bartos mengatakan bahwa hal ini lebih merupakan keunggulan yang dimiliki kasino dibandingkan pemain blackjack yang optimal.

Itu tergantung pada teknik melemparnya. "Beberapa orang hampir tidak memiliki bias dan sementara yang lain memiliki bias lebih dari 50,8%," kata Bartos.

Baca juga: Kanker Melonjak pada Kalangan Usia di Bawah 50 Tahun

Para peneliti menemukan bahwa bagi orang-orang yang berkomitmen memilih kepala atau ekor sebelum setiap pelemparan, tidak ada bias di kedua sisi. Tak satu pun dari banyak koin yang berbeda menunjukkan tanda-tanda bias. 

Untungnya, melakukan lemparan koin secara adil itu sederhana. Pastikan saja orang yang menyebutkan kepala atau ekor tidak dapat melihat sisi yang menghadap ke atas sebelum pelemparan.

Melakukan hal bodoh itu menyenangkan 

Bartos pertama kali mendengar teori bias saat mempelajari statistik Bayesian selama gelar masternya dan memutuskan untuk mengujinya dalam skala besar. Masalahnya, dia membutuhkan orang yang mau melempar banyak koin.

Baca juga: PBB: Perubahan Iklim Perburuk Gelombang Panas dan Kualitas Udara

Awalnya dia mencoba membujuk teman-temannya untuk melempar koin di akhir pekan sambil menonton Lord of the Rings. "Namun tidak ada yang benar-benar kecewa karena hal itu," katanya.

Akhirnya Bartos berhasil meyakinkan beberapa rekan dan mahasiswanya untuk melempar koin bila memungkinkan, baik saat istirahat makan siang maupun hari libur.  "Ini akan sangat buruk," katanya kepada mereka. "Namun menyenangkan untuk melakukan hal-hal bodoh dari waktu ke waktu."

Baca juga: Polusi Udara Lebih Mengancam Kesehatan daripada Rokok atau Alkohol

Kegiatan itu bahkan diadakan pada acara akhir pekan. Mereka melempar koin dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Alat pijat dikerahkan untuk meredakan nyeri bahu.

Keputusan yang tak terhitung jumlahnya telah dibuat melalui pelemparan koin sepanjang sejarah manusia. Saat menulis makalahnya, Bartos mengunjungi British Museum dan mengetahui bahwa Wright bersaudara menggunakan salah satunya untuk menentukan orang yang akan mencoba penerbangan pesawat pertama.

Pelemparan koin juga menentukan berbagai persaingan politik, termasuk hasil pemilu wali kota Filipina pada 2013 yang berakhir imbang. Namun kegiatan itu paling umum di bidang olahraga. Selama Piala Dunia Kriket saat ini, lemparan koin menentukan pihak yang harus memilih akan memukul atau menjaga lapangan terlebih dahulu. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat