visitaaponce.com

Iran Tuding Israel Lakukan Genosida di Gaza

Iran Tuding Israel Lakukan Genosida di Gaza
Asap membumbung dari Jalur Gaza yang dihantam serangan udara Israel(AFP/RONALDO SCHEMIDT)

IRAN, Rabu (25/10), menuding Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina saat 'Negeri Zionis' itu melanjutkan pengeboman ke Jalur Gaza sebagai balasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober lalu.

Israel telah menghujani Jalur Gaza dengan rudal sejak militan Hamas menyerbu masuk ke wilayah 'Negeri Yahudi' itu dan menewaskan lebih dari 1.400 orang,

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza, Rabu (25/10), melaporkan lebih dari 6.500 orang, termasuk 2.704 anak, tewas sejak Israel memulai serangan udara mereka.

Baca juga: Rumah Sakit Palestina Kolaps, Obat Habis Listrik Tak Ada

"Serangan rezim Zionis itu telah mencapai intensitas yang bertujuan membunuh massal warga Palestina di Gaza," ujar Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dalam surat kepada Kepala Badan HAM PBB Volker Turk.

"Pernyataan para pejabat Israel dan serangan secara sistematis terhadap Jalur Gaza memperlihatkan bahwa apa yang terjadi adalah genosida terhadap warga Palestina," lanjut Amir-Abollahian dalam surat yang juga dibagikan di media sosial itu.

Sebelumnya, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menuding Amerika Serikat (AS) sebagai otak di balik serangan Israek ke Gaza.

Baca juga: Konflik di Timur Tengah Buat Negara Prancis Tegang

"Amerika jelas-jelas terlibat dalam kejahatan ini," seru Khamenei dalam pidato di Teheran.

"Amerika Serikat menjadi konduktor kejahatan yang terjadi di Gaza," imbuhnya.

Tangan Amerika, kata Khamenei, berlumuran darah mereka yang tertindas, anak-anak, pasien, perempuan, dan lainnya.

Adapun AS telah mengirimkan dua kapal induk ke wilayah timur Mediterrania dalam langkah yang mereka klaim untuk mencegah Iran dan Hezbollah di Libanon ambil bagian dalam perang Israel melawan Hamas. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat