visitaaponce.com

Tiga WNI Masih Diupayakan Keluar dari Gaza

Tiga WNI Masih Diupayakan Keluar dari Gaza
Husein Gaza beserta salah satu anaknya.(Youtube Muhammad Husein Gaza)

TIGA warga negara Indonesia (WNI) masih terjebak di Gaza, Palestina. Relawan Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C) Fikri Rofiul Hak mengungkapkan, hanya Israel yang berhak mengeluarkan atau memberi izin masuk ke Gaza. 

"Husein masih belum bisa keluar, beliau masih di Jalur Gaza," ujarnya kepada Media Indonesia, Rabu (8/11).

Ia mengatakan Hamas yang menguasai Gaza, tidak memiliki kendali di pintu perbatasan Rafah. Seluruhnya dikuasai oleh negara yang dipimpin Benjamin Netanyahu itu. "Israel itulah yang memilah milih warga asing keluar karena pintu Rafah itu dikendalikan oleh mereka," paparnya.

Baca juga : 4 WNI Berhasil Dievakuasi dari Gaza

Terdapat sepuluh WNI di Gaza, dengan tiga diantaranya memilih bertahan. Pada periode pembukaan Rafah pertama yang mengizinkan 430 orang keluar dari Gaza Indonesia berhasil mengevakuasi empat WNI, yakni Abdullah Onim dan tiga anaknya.

Sisanya, Muhammad Husein, istri, dan dua anaknya tidak dapat keluar dari Gaza. Alasannya hanya Husein yang diizinkan keluar Gaza, sementara dua anaknya tidak.

Baca juga : Tetap di Gaza, Relawan Indonesia Berlindung di Ruang Bawah Tanah Rumah Sakit

"Nama anak-anaknya dan istrinya (warga Palestina) belum terdaftar hanya nama beliau saja yang baru terdaftar," pungkas Fikri.

Terpisah, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan pihaknya telah mengetahui kondisi terkini di Rafah. Upaya evakuasi tiga WNI di Gaza terus dilakukan namun belum berhasil.

"Kita terus upayakan ijin melintas perbatasan untuk tiga WNI," pungkasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat