visitaaponce.com

34 Orang di Dublin Ditahan Polisi

34 Orang di Dublin Ditahan Polisi
Sebanyak 34 orang diamankan kepolisian Dublin, Irlandia menyusul aksi demonstrasi akan serangan terhadap tiga anak sekolah.(AFP)

SEBANYAK 34 orang ditahan kepolisian Dublin, Irlandia, dalam demonstrasi menyusul serangan terhadap tiga anak dan seorang perempuan. Beberapa petugas polisi terluka saat mengamankan para demonstran yang mengaku geram dengan kasus tersebut.

Kekerasan dimulai ketika sebuah kelompok menerobos barisan polisi pada Kamis (23/11), di lokasi kejadian penilaian. Sekelompok orang melanjutkan perjalanan dengan membakar bus, trem, dan menjarah toko-toko di salah satu jalan paling terkenal di Dublin, O'Connell Street.

Komisaris Garda Irlandia Drew Harris mengatakan beberapa petugas polisi Irlandia terluka dalam baku tembak dengan kelompok demonstran. Dia mengatakan bahwa seorang petugas mengalami luka serius, dan banyak anggota lainnya terluka ketika rudal dilemparkan ke arah mereka.

Baca juga: Kehadiran Polisi Irlandia Berhasil Mencegah Kericuhan di Dublin Setelah Serangan Pisau

“Apa yang kami lihat tadi malam adalah pecahnya kekerasan yang luar biasa. Ini adalah pemandangan yang belum pernah kita lihat selama beberapa dekade," katanya.

Harris mengatakan semua lini penyelidikan terbuka untuk menentukan motif serangan pisau tersebut. Sebanyak 34 orang ditangkap setelah pengrusakan besar-besaran oleh massa kerusuhan dan 13 toko rusak parah atau menjadi sasaran penjarahan.

Baca juga: Penusukan di Sekolah Picu Kerusuhan di Dublin

Garis polisi dipasang di sekitar gedung parlemen Irlandia, Leinster House, pada Kamis malam, di tengah kekhawatiran kekerasan dapat meluas.

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar mengatakan pengunjuk rasa yang melawan polisi dan menjarah toko-toko dimotivasi oleh kebencian dan membawa aib bagi Irlandia.

“Mereka yang terlibat telah mempermalukan Dublin, mempermalukan Irlandia, dan mempermalukan keluarga mereka serta diri mereka sendiri,” kata Varadkar kepada wartawan.

Sementara itu, Harris menyalahkan faksi gila yang didorong oleh ideologi sayap kanan atas kekacauan ini. "Kita punya faksi hooligan gila yang didorong oleh ideologi sayap kanan, dan juga kecenderungan mengganggu ini terlibat dalam kekerasan yang serius."

Harris mengatakan ketenangan kembali pulih di kota itu tak lama setelah tengah malam.

Menteri Kehakiman Irlandia Helen McEntee mengatakan kekacauan yang terjadi tidak dapat ditoleransi dan bahwa elemen premanisme dan manipulatif tidak boleh menggunakan tragedi yang mengerikan untuk menimbulkan kekacauan.

“Kami tidak akan menoleransi segelintir orang yang menggunakan insiden mengerikan untuk menyebarkan perpecahan,” katanya.

Beberapa pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan kehidupan Irlandia penting dan mengibarkan bendera Irlandia di lingkungan tempat tinggal komunitas imigran dalam jumlah besar.

Seorang pengunjuk rasa mengatakan kepada AFP bahwa Irlandia diserang oleh imigran yang disebut mereka sebagai sampah masyarakat. Irlandia sedang menghadapi krisis perumahan yang kronis , dan pemerintah memperkirakan terdapat defisit ratusan ribu rumah bagi masyarakat umum.

Harga sewa rumah meningkat di tengah suku bunga yang tinggi dan kurangnya ketersediaan pemukiman telah menciptakan krisis perumahan di Eropa.

Ketidakpuasan yang meluas telah memicu reaksi balik terhadap pencari suaka dan pengungsi, dan tokoh-tokoh sayap kanan telah mempromosikan sentimen anti- imigrasi melalui demonstrasi dan di media sosial dengan klaim bahwa Irlandia penuh. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat