visitaaponce.com

Serangan Rusia di Ukraina Menewaskan 12 Orang, Termasuk 4 Anak-Anak

Serangan Rusia di Ukraina Menewaskan 12 Orang, Termasuk 4 Anak-Anak
Serangan Rusia di berbagai wilayah Ukraina telah menewaskan sedikitnya 12 orang, termasuk empat anak-anak, saat pertempuran semakin intensif(Akun X/@ZelenskyyUa)

SERANGAN Rusia di seluruh Ukraina menewaskan sedikitnya 12 orang, termasuk empat anak-anak, karena pertempuran semakin intensif selama serangkaian serangan di beberapa wilayah negara yang dilanda perang tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan, Sabtu, jumlah korban tewas di desa Vilniansk, dekat pusat regional Zaporizhzhia, dapat meningkat.

"Tujuh orang, termasuk dua anak-anak, telah tewas oleh serangan rudal Rusia di wilayah Zaporizhzhia," kata Zelenskyy di media sosial, menyerukan sekutu Baratnya untuk mempercepat pengiriman senjata.

Baca juga : Rusia Serang Pangkalan Udara Ukraina Tempat Pasokan Pesawat Barat

"Setiap penundaan dalam keputusan dalam perang ini berarti hilangnya nyawa manusia."

Menteri Dalam Negeri Ukraina Igor Klimenko mengatakan 18 orang, termasuk empat anak-anak, juga terluka di Vilniansk, 30 km (18 mil) dari kota utama Zaporizhzhia.

"Serangan itu terjadi di siang hari bolong pada akhir pekan di tempat di mana orang-orang menghabiskan waktu luang mereka di pusat kota – tanpa infrastruktur militer," kata Gubernur Ivan Fedorov.

Baca juga : Pasukan Ukraina Hantam Pesawat Tempur Su-57 Rusia di Pangkalan Udara Akhtubinsk

Pejabat Ukraina melaporkan serangan, Sabtu, menewaskan empat orang dan melukai 23 orang di desa-desa timur, sementara petugas penyelamat di kota Dnipro di tengah Ukraina menggali puing-puing setelah serangan yang menghancurkan gedung tempat tinggal sembilan lantai, menyebabkan satu orang tewas dan 12 terluka.

Serangan berat pada Sabtu terjadi saat Rusia terus memperluas kekuatan Ukraina di beberapa area sepanjang garis depan 1.000 km (600 mil). Moskow telah meningkatkan serangan udara dalam upaya untuk menguras sumber daya Ukraina, sering menargetkan fasilitas energi dan infrastruktur vital lainnya.

Militer Ukraina mengatakan, "Jumlah total serangan musuh di sepanjang garis depan telah meningkat menjadi 90." Gubernur regional Donetsk Timur, Vadym Filashkin, mengatakan pasukan Rusia menembaki daerah-daerah berpenduduk 13 kali dalam 24 jam terakhir.

Baca juga : 18 Orang Tewas dalam Serangan Rusia di Kharkiv, Ukraina

Zelenskyy mengatakan serangan di Dnipro adalah pengingat bagi sekutu-sekutu Ukraina, bahwa negara itu membutuhkan lebih banyak sistem pertahanan udara.

"Inilah mengapa kami terus mengingatkan semua mitra kami: hanya sejumlah sistem pertahanan udara berkualitas tinggi yang cukup, hanya sejumlah tekad yang cukup dari dunia pada umumnya yang dapat menghentikan teror Rusia," katanya.

Pertempuran di Ukraina semakin intensif di beberapa arah setelah Rusia melancarkan serangan dari beberapa arah, memanfaatkan situasi Ukraina yang sedang terdesak secara militer.

Pejabat Rusia juga melaporkan serangan Ukraina dengan serangan drone yang menewaskan setidaknya lima orang di wilayah Kursk, Rusia. Dua anak-anak termasuk di antara korban di desa Gorodishche di perbatasan Rusia-Ukraina, kata Gubernur Alexey Smirnov di media sosial. (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat