visitaaponce.com

Puluhan Tentara Israel Tewas di Tangan Hamas

Puluhan Tentara Israel Tewas di Tangan Hamas
Pada 22 Januari 2024, keluarga-keluarga Palestina melarikan diri dari rumah di pinggiran selatan Khan Yunis, selatan Jalur Gaza.(AFP.)

ISRAEL mengatakan 21 tentara tewas di Jalur Gaza, Palestina, selama sehari terakhir, pertempuran berkecamuk di Khan Younis. Seluruhnya menjadi bulan-bulanan kelompok pejuang kemerdekaan Palestina, Hamas, dalam 24 jam terakhir di Gaza tengah.

Pertempuran juga berkecamuk di Khan Younis di bagian selatan Jalur Gaza. Warga mengatakan pengeboman dari udara, darat, dan laut menjadi yang paling intens di wilayah selatan sejak perang Israel-Hamas dimulai pada Oktober.

Kepala Juru Bicara Militer Laksamana Muda Daniel Hagari membuat pengumuman tersebut pada Selasa (23/1). Dia mengatakan seluruh tentara Israel itu tewas kala mempersiapkan bahan peledak untuk menghancurkan dua bangunan pada Senin (22/1).

Baca juga: Serang Rumah Sakit di Gaza selatan, Israel Bunuh 65 Orang

Sebelum misi itu tuntas, kata dia, seorang militan menembakkan granat berpeluncur roket ke tank di dekatnya. Serangan Hamas itu memicu ledakan sebelum waktunya yang menghancurkan bangunan dengan runtuhannya menimpa para prajurit Israel.

Tentara Israel juga mengumumkan 10 tentara tewas dalam serangan di Gaza tengah. Laporan ini paling mematikan dalam perang melawan Hamas yang terjadi setelah kelompok militan tersebut memimpin serangan pada 7 Oktober terhadap Israel.

Sedikitnya 50 warga Palestina tewas dan 100 lain luka-luka dalam serangan militer Israel di kota utama Khan Younis di Gaza selatan sejak Minggu malam, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf Al-Qidra, Senin (22/1).

Baca juga: Keluarga Sandera Serbu Parlemen Israel

Gedung Putih mengatakan Israel memiliki kewajiban berdasarkan hukum internasional untuk melindungi orang-orang yang tidak bersalah di rumah sakit seluruh Gaza.

Kementerian kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan sedikitnya 25.295 orang telah tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan 63.000 orang terluka dalam serangan Israel di daerah kantong tersebut sejak 7 Oktober.

Para pejabat Israel mengatakan 1.139 orang tewas dalam serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan. Para pejuang militan menyandera sekitar 240 orang selama serangan itu dan 136 orang masih berada di Gaza, menurut data Israel.

Militer Israel mengatakan 200 tentara telah tewas di Jalur Gaza sejak dimulainya operasi darat di wilayah Palestina yang dikuasai Hamas. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat