visitaaponce.com

Ribuan Warga Australia Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Victoria

Ribuan Warga Australia Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Victoria
Ilustrasi(AFP/Peter Parks)

LEBIH dari dua ribu orang telah diperintahkan untuk mengungsi dan meninggalkan kota-kota di sebelah barat negara bagian Victoria, Australia, akibat kebakaran hutan yang tidak terkendali pada Kamis (22/2).

Layanan darurat negara meminta penduduk di kota Raglan dan Beaufort, yang berpenduduk sekitar dua ribu orang, dan penduduk di daerah sekitarnya untuk segera mencari lokasi aman dan menuju ke timur menuju pusat regional terdekat Ballarat atau 95 km sebelah barat Melbourne.

Sekitar 50 km persegi lahan terbakar di barat laut Ballarat. Daerah serupa juga terbakar tak terkendali di wilayah barat.

Baca juga : Pemadam Kebakaran Australia Berjuang Mengendalikan Kebakaran Hutan Mematikan

Perdana Menteri Negara Bagian Jacinta Allan mengatakan lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran berada di lapangan, didukung oleh 24 pesawat dan lebih dari 100 kendaraan. Lebih banyak lagi yang akan segera bergabung dalam pemadaman tersebut.

“Segera pergi adalah pilihan teraman bagi komunitas tersebut,” katanya pada konferensi pers.

"Jika Anda berada di daerah ini, harap perhatikan saran ini, silakan bertindak sekarang untuk menyelamatkan hidup Anda sendiri,” ujarnya.

Baca juga : Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan di Chile Melampaui 110 orang

Para pejabat mengatakan tidak ada kerusakan properti yang dilaporkan tetapi masih terlalu dini untuk mendapatkan gambaran kondisi yang akurat.

Sebagian besar negara bagian berada dalam siaga tinggi terhadap kebakaran dan Biro Meteorologi pada hari Kamis mengeluarkan peringatan bahaya kebakaran ekstrem untuk beberapa distrik karena angin panas dan kering serta potensi badai petir.

"Kebakaran di sebelah barat Ballarat diperkirakan akan memburuk sepanjang malam hingga sekitar tengah malam, saat angin mulai melambat," kata Jason Heffernan, kepala Otoritas Kebakaran Negara, pada konferensi pers.

Suhu berada di atas 40 derajat Celcius di barat laut negara bagian itu pada pukul 15.00 waktu setempat. (CNA/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat