visitaaponce.com

Empat Siswa asal Banyumas Tembus Perguruan Tinggi Top Luar Negeri

Empat Siswa asal Banyumas Tembus Perguruan Tinggi Top Luar Negeri
Ilustrasi.(Freepik)

EMPAT siswa dari sejumlah SMA negeri di Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng), lolos ke perguruan tinggi luar negeri top. Universitas itu ialah University of California, Berkeley; University of Texas at Austin; Nanyang Technological University, Singapura; dan The University of Sydney, Australia.

Keempat siswa tersebut diterima melalui beasiswa program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dan akan berangkat kuliah pada Agustus 2024. Siswa tersebut ialah Alivia Rahma Azahra dari SMA Negeri 3 Purwokerto yang sebetulnya diterima 12 kampus berbagai negara. 

Namun, akhirnya ia memilih University of California, Berkeley, Amerika Serikat, jurusan Mechanical Engineering. "Saya biasa bangun jam 03.00 WIB untuk mempelajari pelajaran sesuai jadwal. Tiap hari saya duduk di depan sendiri," katanya.

Baca juga : Liburan Sekolah, Pelajar Tewas Tenggelam di Palung Sungai

Selain itu, ada Nadine Putri Nugroho dari SMA Negeri 2 Purwokerto. Ia lolos dan diterima di 10 universitas luar negeri dan memilih University of Texas at Austin, jurusan Teknik Perminyakan. "Saya juga ikut organisasi di sekolah," katanya.

Siswa lain ialah Naja Andria dari SMA Negeri 2 Purwokerto yang diterima di 13 kampus luar negeri dan memilih Nanyang Technological University, Singapura, jurusan Teknik Biologi. Sedangkan Musa Ibrahim dari SMA Negeri 1 Purwokerto diterima di lima kampus luar negeri dan memilih The University of Sydney, Australia, jurusan Teknik Sipil.

Ketika bertemu dengan Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, para remaja berprestasi ini membagikan trik-trik belajar mereka hingga kemampuan mereka diakui oleh banyak kampus top di dunia. Mereka juga menekankan pentingnya berorganisasi dan beraktivitas positif saat bersekolah di jenjang SMA.

"Ini ada empat siswa istimewa asal Banyumas. Ada yang diterima di Amerika Serikat, Singapura, dan Australia. Jelas menyenangkan sekali dan merupakan kebanggaan seluruh masyarakat Banyumas. Kami sangat berbahagia dan mudah-mudahan menginspirasi siswa lain," jelas Hanung. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat