visitaaponce.com

Siswa dan Guru SMK Sanctus Lewoleba Selamat dari Kebakaran Kapal Motor di Makassar

Siswa dan Guru SMK Sanctus Lewoleba Selamat dari Kebakaran Kapal Motor di Makassar
31 siswa dan 3 guru pendamping dari SMK Sanctus Lewoleba, Nusa Tenggara Timur, mengalami peristiwa kebakaran KM Umsini(Dok.MI)

SEBANYAK 31 siswa dan 3 Guru pendamping SMK Sanctus Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang hendak mengikuti praktek di Pulau Jawa selamat dari peristiwa kebakaran Kapal Motor (KM) Umsini di pelabuhan laut kota Makasar, Sulawesi Selatan, Minggu (9/6).

Alexa Aflina, salah satu dari rombongan Siswa SMIP Sanctus, yang hendak praktek di kota Yogyakarta kepada Media Indonesia, Minggu (9/6), mengatakan, kebakaran terjadi di dek 7 KM  Umsini.

"Kebakaran tadi subuh itu yang di luar atas dekat cerobong asap. Dek 7 bagian atas. Saat itu kami di dek 3. Saya sedang tidur. Tetapi teman-teman bangunkan saya untuk segera lari. Saya hanya ambil tas kecil isi dompet dan sedikit uang langsung kabur," ujarnya. 

Baca juga : KM Umsini Tujuan Surabaya Terbakar, Tidak Ada Korban Jiwa

Alexa Aflina menjelaskan, saat melarikan diri, listrik di lambung kapal padam. Kondisi di dek kapal gelap gulita.

"Kami sampai depan pintu keluar baru cium bau asap menyengat. Kondisi ruangan Dek terutama di area pintu keluar karena bantuan penerangan dari pelabuhan. Kami jalan beredesak- desakan. Petugas kasih tunjuk jalan keluar," ungkap Alexa.

Sebelumnya, kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Evan Eryanto mengatakan, sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 Wita yang diduga berasal dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin. Api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 09.03 Wita.

"Saat kejadian, di atas kapal terdapat 1.677 orang dengan tujuan Surabaya, Jakarta dan Kijang, setelah berangkat dari Bau-bau, Sulawesi Tenggara sehari sebelumnya," ungkap Evan dalam keterangan resminya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat