visitaaponce.com

KM Umsini Tujuan Surabaya Terbakar, Tidak Ada Korban Jiwa

KM Umsini Tujuan Surabaya Terbakar, Tidak Ada Korban Jiwa
KM Umsini terbakar saat bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (9/6).(Dok.MI)

KAPAL Motor (KM) Umsini terbakar saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu (9/6). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, kendati butuh waktu empat jam untuk memadamkan api.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Evan Eryanto mengatakan, sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 Wita yang diduga berasal dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin. Api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 09.03 Wita.

"Saat kejadian, di atas kapal terdapat 1.677 orang dengan tujuan Surabaya, Jakarta dan Kijang, setelah berangkat dari Bau-bau, Sulawesi Tenggara sehari sebelumnya," ungkap Evan dalam keterangan resminya.

Baca juga : Kapal Wisata Bantuan Kemenhub Terbakar di Anjungan Pantai Losari, Makassar

Sebelumnya, Eka, penumpang yang akan ke Surabaya itu, mengaku naik kapal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, lalu Ke Larantuka, Bau-bau, dan sekarang di Makssar.

"Rencana saya mau ke Surabaya, untungnya kebakarannya setelah kapal sandar. Dan itu saya sempat degar suara ledakan, tapi tidak tau di bagian mana" aku Eka.

Sementara itu, Evan menambahkan, penumpang lanjutan akan diangkut menggunakan kapal PELNI lainnya yang akan melalui Makassar.

Baca juga : KM Umsini Mampu Tampung 804 Pasien Covid-19 dan 80 Nakes

"Untuk penumpang tujuan Surabaya dan Kijang akan diangkut menggunakan KM Labobar, pada Selasa (11/6), sementara penumpang lanjutan ke Jakarta akan dibawa KM Dorolonda di hari yang sama, seluruhnya berangkat dari Makassar," tambah Evan.

Dampak dan penyebab kebakaran akan segera dilakukan pemeriksaan setelah proses pendinginan selesai.

Evan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu proses penanganan kebakaran, termasuk pihak pemadam kebakaran Kota Makassar yang sudah menyiagakan 13 unit mobil pemadam di dermaga saat insiden terjadi.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang atas kejadian ini. Kebutuhan penumpang lanjutan selama menunggu kapal akan kami penuhi. Kami juga menghimbau kepada seluruh calon pelanggan untuk dapat menyesuaikan perjalanannya," kata Evan.

Informasi seputar pembatalan tiket, penyesuaian jadwal maupun informasi lainnya dapat diperoleh melalui saluran resmi Contact Center 021-162 atau Whatsapp Official 08111621162. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat