visitaaponce.com

Himahi Universitas Budi Luhur Gelar ASEAN Youth Environmental Action 2024 Aksi Nyata Pemuda untuk Bumi

Himahi Universitas Budi Luhur Gelar ASEAN+ Youth Environmental Action 2024: Aksi Nyata Pemuda untuk Bumi
Himahi Universitas Budi Luhur dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan ASEAN+ Youth Environmental Action (AYEA) 2024.(Dok Himahi Universitas Budi Luhur)

SEBAGAI bagian dari komitmen melibatkan pemuda dalam upaya perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himahi) Universitas Budi Luhur dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan ASEAN+ Youth Environmental Action (AYEA) 2024. Acara internasional ini akan berlangsung dari 27 hingga 30 Juni 2024.

AYEA 2024 mengundang 70 pemuda dari 29 negara ASEAN dan negara-negara sahabat serta ratusan pemuda Indonesia dari berbagai kalangan siswa dan mahasiswa. Mengangkat tema Heat Up the Plans, Cool the Earth: Collaborative Southeast Asian Youths Action for Climate Change Mitigation, AYEA 2024 dirancang dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik selama empat hari. 

Kegiatan-kegiatan tersebut mencakup Environmental Dialogue, FGD & Pleno, Lomba dan Diskusi Fotografi Lingkungan, Debate Competition, Lomba Mewarnai & Melukis, Lomba Kreasi Kuliner Ampas Kedelai, Climate Music Festival, Environmental Campaign, dan Stand Exhibition. Puncak acara akan diisi dengan Awarding Night yang meriah dan ditutup dengan aksi penanaman 6.000 pohon sebagai bentuk aksi nyata mitigasi lingkungan yang akan dilakukan di Baduy Luar. Warga Baduy Luar diketahui memiliki cinta besar terhadap kesuburan tanah Indonesia.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas SDM Milenial Papua, Kuota Beasiswa Ditambah

AYEA 2024 juga akan menghadirkan aktivis lingkungan muda ternama Aeshnina Azzahra serta influencer Mischka dan Devon. Fotografer profesional Don Hasman dan Arbain Rambey turut berpartisipasi bersama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang akan menyampaikan keynote speech pada sesi Environmental Dialogue.

Dari kegiatan itu akan lahir Budi Luhur Declaration dan Policy Brief yang akan disebarluaskan ke media untuk mendapatkan perhatian masyarakat luas. Universitas Budi Luhur, sebagai perguruan tinggi yang selalu mengedepankan nilai kebudiluhuran, mendukung penuh acara ini sebagai wujud nyata implementasi kebaikan tidak hanya antarsesama manusia, tetapi juga terhadap lingkungan.

AYEA 2024 juga mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Pegadaian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Luar Negeri, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Tamron, Synergy Policies, HaloFoto, dan Xozo. "Kami berharap AYEA 2024 ini akan menjadi kegiatan tahunan sebagai bentuk komitmen pemuda ASEAN dan Universitas Budi Luhur dalam menjaga dan melestarikan lingkungan," ujar Regita sebagai Ketua Himahi Universitas Budi Luhur.

Mari bersama-sama beraksi untuk bumi kita tercinta! (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat