visitaaponce.com

Duta Besar Uni Eropa Berikan Kuliah Tamu soal Hubungan Internasional di UKI

Duta Besar Uni Eropa Berikan Kuliah Tamu soal Hubungan Internasional di UKI
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Denis Chaibi(Dok. UKI)

DUTA Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Denis Chaibi memberikan kuliah umum mengenai hubungan internasional di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jumat (8/12)

"Saat ini Indonesia menjadi salah satu destinasi diversifikasi investasi negara-negara anggota Uni Eropa. Hal ini terefleksikan pada nilai perdagangan dan invetsasi dengan tiga negara anggota utama Uni Eropa seperti Spanyol, Perancis dan Jerman," ujar Denis Chaibi dalam pemaparannya.

Dekan FH UKI Hendri J Pandiangan menyambut baik kegiatan kuliah tamu yang langsung diberikan oleh Duta Besar Denis Chaibi. Hal itu menurutnya dapat memperluas wawasan mahasiswa, khususnya dalam bidang hubungan internasional.

Baca juga : Keluarkan Pernyataan Sikap, UKI Minta Pengekangan Kebebasan Berekspresi Dihentikan

“Kegiatan visiting lecture yang dihadiri oleh DutaBbesar Denis Chaibi mengenai Friendships Indonesia and European Union merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Fakultas Hukum UKI karena memang saat ini FH UKI sudah terakreditasi Internasional. Selain itu kegiatan ini juga sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang hukum dan hubungan Internasional," ujar Hendri.

Hendri menambahkan, ke depan FH UKI akan menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di Eropa dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan visiting lecture juga akan digelar secara rutin.

Wakil Rektor bidang Kerja sama dan Kemahasiswaan UKI Ied Sitepu mengatakan, kuliah tamu itu merupakan kesempatan yang sangat baik, terutama bagi para mahasiswa untuk bertukar pendapat. 

Baca juga : Jubir Milenial Paparkan Kebijakan Luar Negeri Capres di Depan Mahasiswa

"UKI memiliki program international, salah satunya adalah untuk membuka wawasan para mahasiswa/i UKI  terhadap hal-hal yang berhubungan dengan dunia internasional seperti hubungan bilateral," tutur Sitepu.

Kedepannya, lanjut Sitepu, UKI kembali akan mengundang narasumber dari luar agar membuka wawasan mahasiswa agar lebih maju untuk mengetahui hubungan kerjasama diantara banyak negara. 

Kepala Departemen Hukum Internasional FH UKI Edward Panjaitan mengatakan, Duta Besar Denis Chaibi diharapkan bisa membantu mengatasi permasalahan perdagangan antar Indonesia dengan Uni Eropa. 

Baca juga : SUN International Education Expo Kembali Digelar, Ini Negara Tujuan Kuliah Favorit

"Denis Chaibi yang memiliki keahlian dibidang perdagangan diharapkan bisa mengatasi hubungan Indonesia dengan uni eropa semakin kuat dan semakin bagus kedepannya," harap Edward.

Di mata Edward, Denis Chaibi mengakui Indonesia secara ekonomi berkembang luar biasa untuk menjadi negara maju dan Indonesia memiliki hubungan dagang dengan uni eropa. 

Namun demikian, perjanjian perdagangan komprehensif yang sudah 7 tahun terbina belum ditandatangani, mengingat ada kepentingan diantara dua negara yang belum menemui kesepakatan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat