visitaaponce.com

Bupati Kaimana Bicara Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di IPDN

Bupati Kaimana Bicara Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di IPDN
Bupati Kaimana Freddy Thie saat menjadi pembicara di kuliah umum IPDN.(MI/HO)

IPDN-Kemendagri menggelar kuliah umum dalam rangka pembekalan bagi 1.097 satuan praja utama angkatan XXXI yang sebentar lagi akan menghadapi prosesi wisuda. 

Menurut Rektor IPDN Prof Hadi Prabowo, praja utama ini sebentar lagi akan lulus pendidikan dan terjun ke lapangan. Karenanya, pembekalan dari kuliah umum ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan wawasan dalam memahami permasalahan di daerah dan tentunya memberdayakan segenap potensi yang ada di wilayah serta membangun iklim kondusif dan stabilitas wilayah. 

Kuliah umum yang diadakan itu mengusung tema, “Perkembangan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah di Kabupaten Kaimana serta Berbagai Upaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. 

Baca juga : Praja Madya IPDN Bantu Program Pengentasan Kemiskinan dan Stunting di Majalengka

Hadir sebagai pembicara dalam kuliah umum itu adalah Bupati Kaimana Freddy Thie. Menurut Rektor IPDN, Freddy dihadirkan karenasegudang prestasi dan inovasi yang dibuatnya. 

“Pertumbuhan ekonomi di Kaimana pada 2023 mencapai angka 3,26% sedangkan pendapatan per kapitanya di angka Rp44,50 juta. Bapak Freddy juga berhasil menurunkan angka kemiskinan dari angka 16,04% pada 2021 menjadi 14,57% pada 2023. Selain itu, beliau juga berhasil menurunkan angka stunting pada 2023 menjadi 21,1%," ungkap Hadi. 

Tidak hanya itu, terobosan yang dilakukan Bupati Kaimana seperti sekolah gratis 12 tahun, bantuan kepada kampung sebesar Rp4 miliar per kampung dan pembangunan air bersih menjadi alasan mengapa Kabupaten Kaimana mendapat banyak penghargaan. 

Baca juga : IPDN Gelar Praktik Magang

“Keberhasilan Bapak Bupati dengan segala prestasinya ini semoga menjadi motivasi dan semangat kepada para praja yang sebentar lagi akan lulus kuliah. Semoga bekal ini tentunya dapat dipahami dan dimengerti sehingga dapat menjadi pengalaman untuk pengabdian kepada masyarakat,” tutur Hadi. 

Menurut Bupati Kaimana, dari 18 program unggulan Kabupaten Kaimana, ada 4 program yang sangat difokuskan yakni rehab rumah Rp4 miliar, penyediaan air bersih, penerangan dan saluran komunikasi. 

“Ini merupakan kebutuhan dasar dan keinginan masyarakat Kaimana. Tahun ini saja ada 84 kampung di Kaimana dan seluruhnya sudah mendapat program rehab rumah,” ujarnya. 

Baca juga : Praja IPDN Tuntaskan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara

Selain 4 program yang dikhususkan, Bupati Kaimanajuga menaruh perhatian lebih dalam bidang pendidikan. 

“Saya prioritaskan wajib belajar 12 tahun secara gratis ditanggung oleh APBD Kabupaten Kaimana. Selain itu ada beberapa kebijakan lain di sektor pendidikan yakni pendidikan karakter dan anti korupsi, peningkatan mutu pendidikan, bantuan dana pendidikan mahasiswa dan kerjasama perguruan tinggi”, ujar Freddy. 

Beberapa capaian pembangunan juga menjadi point plus dari Kabupaten Kaimana, seperti yang disampaikan Freddy adalah, pada 2023, Kaimana menjadi Kabupaten tertinggi untuk nilai pelayanan publiknya yakni 86,22%, IPM-nya pun mencapai angka 68,31, penurunan penduduk miskin di angka 14,57% dan penurunan tingkat pengangguran di angka 3,24%. 

Baca juga : UBM Gelar Kuliah Umum Terkait Inovasi Teranyar Industri Ritel

“Pada kesempatan ini, saya memperkenalkan Kabupaten Kaimana dan menjelaskan visi misi serta program-program unggulan yang langsung menyentuh masyarakat disana seperti yang sudah dijelaskan pada saat kuliah umum. Harapan saya dengan adanya kuliah umum ini, masyarakat semakin mengenal Kaimana, pariwisatanya dan produksi rumah ikannya dan sektor-sektor lainnya,” ujarnya. 

Di akhir acara, Bupati Kaimana mengatakan kiat dan strategi dalam mengelola Kabupaten Kaimana hingga sampai sejauh ini adalah dengan menggerakkan ASN dan kolaboratif dengan instansi vertikal, sektoral, masyarakat dan dunia usaha melalui pemetaan potensi, identifikasi, dan solusi permasalahan serta percepatan penanganannya. 

Freddy juga mengucapkan terima kasih atas undangannya. “Saya berharap adik-adik praja yang nantinya ditempatkan didaerah masing-masing bisa menjadi contoh, bisa menjadi garam dan terang dalam pengabdian untuk memajukan daerah yang mereka tempati. Mereka dicetak untuk menjadi pimpinan bangsa jadi semoga mereka selalu sukses dan mengabdi dengan hati." (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat