visitaaponce.com

Ajak Anak Berkreasi Kurangi Penggunaan Gadget

Ajak Anak Berkreasi Kurangi Penggunaan Gadget
Siswa TK-A Lumba Lumba melukis di atas nylon bag.(Dok UMB)

UNIVERSITAS Mercu Buana (UMB) menggelar kegiatan melukis di sekolah milik Yayasan Sosial Lumba Lumba sebagai bentuk edukasi kepada siswa TK-A Lumba Lumba terkait dampak negatif penggunaan gadget.

Kegiatan ini dilakukan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UMB Meruya yakni Hendi Tias Mahesa sebagai ketua kegiatan, serta anggota yakni Novi Alfiana, Regina Christylia, Bela Damayanti, dan Soulthan Rafif. "Kegiatan ini sebagai bentuk edukasi melalui mata kuliah Peduli Negeri (KPN)," kata Tias di sela kegiatan melukis, di Yayasan Sosial Lumba Lumba, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (14/6).

Tias menjelaskan sebelum melukis, pihaknya melakukan aktivitas tanya jawab terlebih dahulu dengan siswa TK-A Lumba Lumba terkait seberapa sering penggunaan gadget dalam sehari-hari, antara lain untuk bermain game, serta dampak negatif dan positif penggunaan gadget.

Baca juga : Tumbuhkan Sineas Muda, SMA Negeri 6 Jakarta Gelar Sinemahakam Awards

"Setelah tanya jawab selesai, kami memulai melukis dengan membagikan satu set nylon bag termasuk cat air dan kuas," jelas Tias.

Mereka yang meraih tiga hasil terbaik mendapatkan hadiah, serta siswa yang tidak terpilih tetap mendapatkan hadiah berupa alat tulis.
Dia berharap melalui kegiatan melukis di atas nylon bag dapat mengajarkan siswa TK-A Lumba Lumba bahwa permainan melukis juga tidak kalah menyenangkan daripada bermain gadget.

"Memberikan pengalaman baru dengan melukis di atas nylon bag bisa membantu mengembangkan daya kreativitas sejak dini," kata Tias.
Ketua Yayasan Sosial Lumba Lumba Brata mengakui kegiatan melukis di atas nylon bag merupakan pertama kali bagi siswa TK-A Lumba Lumba.

"Biasanya, kegiatan mewarnai hanya menggunakan pensil warna atau krayon. Kami berterima kasih atas edukasI yang diberikan mahasiswa UMB," ucap Brata didampingi Bendahara Yayasan Rini.

Dia berharap dengan kegiatan ini, anak-anak di sekolah Yayasan Lumba Lumba dapat mengurangi keinginan bermain gadget dan beralih bermain yang bisa meningkatkan kreativitas melalui mewarnai dan melukis. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat