visitaaponce.com

Tumbuhkan Sineas Muda, SMA Negeri 6 Jakarta Gelar Sinemahakam Awards

Tumbuhkan Sineas Muda, SMA Negeri 6 Jakarta Gelar Sinemahakam Awards
SMA Negeri 6 Jakarta menggelar kegiatan ekstrakulikuler 'Sinemahakam Awards' di di Gedung Pertunjukan Bulungan, Jakarta Selatan.(Ist)

SMA Negeri 6 Jakarta, salah satu sekolah unggulan di wilayah Jakarta Selatan, telah berhasil menelurkan beberapa putra-putri terbaik bangsa melalui berbagai bidang prestasi akademik dan non akademik.

Untuk mewujudkan misi sekolah yaitu mengembangkan kompetensi dan prestasi peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik, SMA Negeri 6 Jakarta menyelenggarakan ekstrakurikuler 'Sinemahakam'.

Sinemamahakam merupakan ekstrakurikuler yang bergerak di bidang perfilman di bawah naungan SMA Negeri 6 Jakarta, yang berdiri pada tahun 2017, dan hingga saat ini sudah memiliki tujuh angkatan.

Baca juga: Bersama Labschool Cibubur, Nadia dan Lydia Bawa Harum Nama Indonesia di Ceko

Dengan kelas regular setiap minggunya, setiap angkatan mampu menghasilkan satu film dalam jangka waktu satu semester.

Impro VisualStoryteller, perusahaan Creative Hub (Creative Communication dan Production House), turut mendukung kegiatan Sinemahakam dengan menghadirkan mentor yang berpengalaman di bidang perfilman, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi para anggota Sinemahakam mulai dari proses belajar membuat cerita hingga proses produksi pembuatan film.

Sebagai wujud apresiasi karya para senias muda yang tergabung dalam Sinemahakam, digelar acara Sinemahakam Awards, pada hari Jumat, 5 Januari 2024, di Gedung Pertunjukan Bulungan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Ikatan Alumni Bantu Proses Belajar di SMAN 8 Jakarta

Acara ini juga diadakan untuk menjalin hubungan baik antar anggota Sinemahakam mulai angkatan satu hingga angkatan tujuh, serta meningkatkan rasa kebanggaan menjadi bagian dari SMA Negeri 6 Jakarta, khususnya sineas muda yang telah berjuang mengharumkan nama Sinemahakam selama menjadi anggota aktif pada masanya.

Kegiatan Sinemahakam Awards yang mengusung tema apresiasi karya sineas muda dalam perkembangan industri perfilman ini, diikuti oleh anggota Sinemahakam yang masih aktif , maupun perwakilan  para alumni.

“Harapan saya untuk Sinemahakam Awards , semoga acara ini bisa menjadi awal yang baik bagi Sinemahakam dan anggotanya, untuk memperkenalkan Sinemahakam secara luas”, ujar Setiawati Sabrina, Ketua acara Sinemahakam Awards dalam keterangan, Sabtu (6/1/2024).

Bentuk dari kegiatan ini, diantaranya adalah penayangan film pendek karya Sinemahakam angkatan lima dan angkatan enam, serta penyerahan penghargaan yang terdiri dari berbagai kategori seperti Sinematografi Terbaik, Script Terbaik, Artistik Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, serta Film Terbaik.  

Baca juga: 

Dan yang menarik dari Sinemahakam tahun ini, dari angkatan lima akan menampilkan gaya yang berbeda yaitu memproduksi film pendek bergenre thriller, yang  ditayangkan pada saat acara berlangsung.

Ketua Sinemahakam, Muhamad Aldienta Omar menyampaikan, “Sinemahakam Awards bisa dibilang merupakan batu lompatan bagi para anggota Sinemahakam dalam membuat suatu event atau film festival yang lebih besar di masa depan. Harapan saya, kedepannya anggota Sinemahakam bisa berkarya lebih baik lagi dan menghasilkan para Filmmaker berkualitas”.

Baca juga: Empat Tim Sepak Bola SMA Siap Berlaga di Grand Final McDonald’s Liga Ayo 2023

Adapun film – film yang masuk nominasi antara lain “Rupa” karya dari angkatan dua, “Daring” hasil karya dari angkatan tiga, “18:09” merupakan karya dari angkatan empat, “Does the Dark Still Taking Prisoners” karya yang dihasilkan oleh angkatan lima yang berkolaborasi dengan angkatan enam, serta “Midnight Diary” hasil karya dari angkatan enam.

“Tujuan kami mendukung kegiatan Sinemahakam Awards adalah karena kami percaya bahwa generasi muda bangsa ini, harus diberikan ruang kreativitas untuk mencipta dan berkarya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri serta menginspirasi teman-teman di sekitarnya”, ujar Rendra Almatsier, Direktur Impro VisualStoryteller. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat