visitaaponce.com

Lomba Debat Nasional Jaring Siswa Wakili Indonesia untuk Tingkat Internasional

Lomba Debat Nasional Jaring Siswa Wakili Indonesia untuk Tingkat Internasional
NSDC mengangkat tema "Speak of Your Mind, Speak for Indonesia(Dok Unika Atma Jaya)

KOMPETISI National Schools Debating Championship (NSDC) 2024 yang diinisiasi Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) digelar pada Kamis hingga Senin, 20-24 Juni 2024 di Auditorium Gedung Yustinus lantai 15, Kampus Semanggi Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya.  

Lomba yang digelar rutin tiap tahun ini bertujuan mengembangkan prestasi talenta peserta didik. Lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional ini bertujuan menjaring siswa-siswa unggul yang nantinya akan mengikuti World Schools Debating Championship (WSDC) di tingkat internasional. 

Tahun ini, NSDC mengangkat tema "Speak of Your Mind, Speak for Indonesia" dan diikuti oleh 36 kontingen provinsi dan 1 tim dari Sekolah Luar Negeri Indonesia. 

Baca juga : Mentari Intercultural School Juarai Debat dalam Bahasa Inggris 

Tema ini dipilih untuk mendorong para peserta menyuarakan pendapat mereka dan berkontribusi dalam pembahasan isu-isu yang relevan dengan kondisi Indonesia saat ini. Dengan demikian, diharapkan siswa tidak hanya mahir dalam berdebat, tetapi juga memiliki wawasan yang luas tentang permasalahan global dan nasional.

Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S(K) yang menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari pendidikan holistik yang ditawarkan oleh Unika Atma Jaya. 

"Kami sangat bangga dapat menjadi tuan rumah NSDC 2024. Kami percaya bahwa melalui kompetisi ini, para peserta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka, yang sangat penting untuk menghadapi tantangan di masa depan," ujar Prof. Yuda.

Baca juga : Siswa Bandung Independent School Wakil Jabar Raih Juara 2 Nasional NSDC 2023

Unika Atma Jaya memiliki harapan besar terhadap dampak positif dari kegiatan ini. Melalui NSDC, diharapkan para siswa dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mereka, belajar bekerja sama dalam tim, dan membangun kepercayaan diri. Selain itu, lomba ini juga diharapkan dapat memupuk rasa persatuan dan kebersamaan di antara peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Lebih jauh, Unika Atma Jaya juga berharap bahwa kompetisi ini dapat menjadi langkah awal bagi para peserta untuk meraih prestasi di tingkat internasional. Ajang ini juga menjadi sarana bagi peserta didik untuk unjuk kemampuan dan kreativitas dalam berdebat mengenai berbagai isu global masa kini. Melalui lomba ini, diharapkan siswa mampu berpikir kritis dan mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang di semua aspek kecerdasan.

"Kami ingin memberikan bekal yang kuat bagi para siswa agar mereka dapat bersaing di WSDC dan membawa nama baik Indonesia di kancah global," tambah Prof. Yuda.

Baca juga : UPJ dan BPTI Menggelar Lomba Debat Bahasa Indonesia Jenjang SMA

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, S.E., M.Si., Kepala Puspresnas sekaligus Kepala Plt. BPTI, juga menyampaikan harapannya agar ajang bergengsi ini menjadi tempat berlatih dan mendorong para peserta didik memiliki wawasan pengetahuan yang luas untuk menjawab tantangan global. 

“Kami berharap semua upaya dan semangat ini dapat membuat adik-adik peserta dapat termotivasi untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan mengukir prestasi khususnya di bidang debat. Semoga melalui ajang ini dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat dunia,” ujar Dr. Maria Veronica. 

Dengan segala persiapan dan antusiasme yang tinggi dari para peserta, NSDC 2024 diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses. Kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang untuk berkompetisi, tetapi juga untuk belajar, berbagi pengalaman, dan memperluas jaringan di antara para siswa yang memiliki minat dan bakat dalam dunia debat. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat