visitaaponce.com

Mobil Semar UGM Kembali Akan Berlaga di Shell Eco-Marathon Asia Pacific And Middle East

Mobil
Mobil Semar UGM(Dok UGM)

MOBIL hemat energi buatan UGM berjulukan Semar, kembali akan berlaga dalam kompetisi mobil hemat energi Shell Eco-Marathon Asia-Pacific and Middle East 2-6 Juli 2024 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Mobil bersama Tim Semar akan bertanding adu hemat melawan 80-an tim dari 12 negara kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah.

General Manager Tim Semar UGM, Fikri Wahyudi menjelaskan Tim Semar diikutkan dalam dua kategori yakni kendaraan Urban Concept dan
Prototype. "Yang dilombakan itu biasanya ada 6 kategori. Tim Semar ikut 2 kategori yakni Urban Hidrogen dan prototype baterai elektrik," kata Fikri, Selasa (18/6).

Tim Semar, sudah melakukan serangkaian uji coba dua mobil yang akan diikutkan dalam di Mandala Krida. "Kami melakukan riset motor
controller, melakukan perbaikan pada kontrol motor dan wiring motor. Karena kita belajar dari pengalaman dan kesalahan tahun lalu," katanya.

Baca juga : Lagi, Mahasiswa Binus ASO School of Engineering Ikuti Shell Eco-marathon

Ia mengaku optimistis dengan inovasi dan perbaikan yang telah dilakukan untuk kedua mobil hemat energi dikembangkanini dan diyakini bisa kembali meraih prestasi terbaik dengan menjadi juara pertama untuk dua kategori yang mereka ikuti.

Pada kompetisi yang sama tahun lalu, Tim Semar Urban UGM berhasil menjadi pemenang untuk kategori Bahan Bakar Hidrogen mengalahkan Tim HYD12OGEN dari Universitas Teknologi Nanyang, Singapura sebagai juara 2 dan dan TP Eco Flash Team dari Temasek Polytechnic yang menempati posisi ketiga.

Dalam kompetisi ini, Tim Semar Urban UGM berhasil meraih jarak tempuh terbaik 276,4 kilometer per meter kubik. Capaian ini mengungguli Tim HYD12OGEN dari Universitas Teknologi Nanyang asal Singapura dengan jarak tempuh 238,4 kilometer per meter kubik, dan TP Eco Flash Team dari Temasek Polytechnic yang mencapai di angka 129,9 kilometer per meter kubik.

Selain kategori urban concept, tim Semar juga berkompetisi di kategori prototype. Untuk lomba prototipe ini ditujukan untuk kendaraan ringan
yang sangat efisien, yang umumnya memiliki tiga roda dan dirancang untuk mengurangi hambatan dan memaksimalkan efisiensi.

Pada kompetisi tahun ini, tim Semar menerjunkan anggotanya sebanyak 22 orang mahasiswa yang dari prodi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Biomedis, Fakultas Teknik serta prodi Elektronika dan Instrumentasi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat